#FreeBritney: Apa yang Sebenarnya Terjadi dengan Britney Spears?

#FreeBritney: Apa yang Sebenarnya Terjadi dengan Britney Spears?
access_time 1 bulan yang lalu

#FreeBritney kembali mencuat ke media sosial, beberapa selebriti juga ikut speak up

Tagar #FreeBritney trending kembali dalam beberapa waktu belakangan. Apalagi setelah Britney Spears mengungkapkan keinginannya untuk ‘bebas’  dalam sidang konservatori pada hari Rabu.

Dalam pidato virtualnya yang berlangsung hampir 30 menit, dengan berapi-api ia mengungkapkan kalau ia menentang ayahnya, Jamie Spears dan tim manajemennya. Menurutnya ia gak mendapatkan hak untuk menikah dan memiliki anak selama 13 tahun masa konservatori.

Britney mengatakan ia banyak kehilangan kesempatan untuk memiliki kehidupan yang layak meski udah bekerja sepanjang hidupnya.

Britney Spears selama belasan tahun gak memegang kendali atas hidupnya

Penyanyi yang terkenal sejak 12 tahun lalu ini udah berada di bawah konservatori ayahnya, Jamie Spears. Stigma pun melekat pada penyanyi yang harus menjalani rawat inap dan rehabilitasi gara-gara penyakit mentalnya.

Meski biasanya konsevatori diperuntukkan bagi individu yang koma atau orang dengan penyakit mental yang parah, selama 12 tahun ia udah merilis empa album. Seperti pada tahun 2008 bertajuk Circus, kemudian tur, dan membintangi residensi Las Vegas.

Tapi meski ia banyak merilis karya, para penggemarnya yang udah lama mengikut Britney juga selalu menyuarakan ketidak puasan mereka melihat idolanya di bawah konservatori.

Selama masa konservatorinya, Britney ga boleh mengemudikan modil, memilih, menikah, punya anak, ataupun menghabiskan uang miliknya sendiri.

Apa itu konservatori?

Sebuah konservatori, berdasarkan situs resmi pengadilan California, adalah kondisi pas seorang hakim menunjuk individu atau organisasi untuk merawat orang dewasa lain. Hal ini terjadi ketika seseorang dianggap gak layak untuk merawat diri mereka sendiri. Mungkin Lo juga paham kalau nonton I Care a Lot, mirip kayak gitu.

Pengadilan pun menunjuk ayahnya, Jamie, sebagai konservator atau orang yang mengurus dan merawat Britney.

Namun selama 12 tahun terakhir, rincian konservatori Britney bersifat pribadi. Baru-baru ini Britney mengajukan dokumen melalui pengacaranya yang meminta bagian dari konservatorinya terbuka untuk umum.

Britney pun mendukung apa yang fansnya lakukan dengan mengangkat tagar #FreeBritney pada media sosial.

Terus apa yang jadi penyebab Britney Spears dalam naungan konservatori?

Britney mendapat konservatori setelah ia melakukan beberapa hal pada tahun 2008. Seperti mencukur kepalanya dan menyerang mobil paparazzi dengan payung. Ia ditahan pada rumah sakit jiwa untuk mengevaluasi kesehatan mentalnya.

Hingga pada saat itu, Jamie mengajukan petisi ke pengadilan untuk konservatori ‘sementara’ darurat. Jamie menganggap putrinya gak dapat merawat dan mengelola diri sendiri dengan baik.

Dari situ Jamie mendapat hak hukum untuk mengawasi dan mengambil keputusan apapun terkait keuangan, kesehatan, kesepakatan bisnis, dan kehidupan pribadi Britney yang ia kelola hingga 2019.

Selebriti lainnya ikut speak up #FreeBritney

Setelah Britney mengungkapkan pidatonya yang mendalam, banyak artis mulai dari Miley Cyrus hingga Rose McGowan yang ikut bersuara untuk membebaskan Britney dari konservatori ini.

Mereka mengkhawatirkan hak-hak Britney yang banyak terampas sebagai individu dan malah mengumpulkan uang untuk para konservatornya. Gerakan ini udah mendapatkan lebih dari 104.000 orang yang mengajukan petisi ke Gedung Putih untuk mempertimbangkan hal ini. Lebih dari 185.000 orang juga menandatangani petisi Change.0rg untuk memberikan hak pengacara kepada bintang pop itu.

close

#FreeBritney: Apa yang Sebenarnya Terjadi dengan Britney Spears?

Search
close