AstraZeneca Terbukti Efektif Cegah Varian Delta!

access_time 3 bulan yang lalu

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin AstraZeneca terbukti efektif cegah penularan varian Delta. Mengutip Kompas, bahkan efektivitas dari vaksin tersebut mencapai 94 persen.

Informasi terkait hasil penelitian terbaru mengenai efektivitas vaksin ini pun disampaikan langsung oleh perusahaan produsen. Bagaimana vaksin ini dapat bekerja untuk melindungi tubuh kita dari varian Delta?

Efektivitas Vaksin AstraZeneca Terhadap Varian Delta

Vaksin AstraZeneca
Shutterstock/Dimitris Barletis

Dalam pernyataan resminya, perusahaan AstraZeneca menyatakan bahwa vaksin hasil produksiannya terbukti mampu mencegah varian Delta yang pertama kali diidentifikasi di India. Namun perlu diingat, vaksin ini lebih efektif melawan varian Delta dalam dosis penuh, alias dua kali suntik vaksin.

Studi dari Public Health England (PHE) menunjukkan bahwa satu dosis vaksin AstraZeneca atau Pfizer dinilai dapat mengurangi risiko seseorang mengembangkan gejala dari varian Delta sebesar 33 persen. Sementara terhadap varian Alpha sebesar 50 persen.

Read more:

AstraZeneca
The Atlantic

Jika sudah menerima dosis kedua dari vaksin AstraZeneca, maka seseorang akan mendapatkan perlindungan tambahan terhadap varian Delta sampai 60 persen. Sedangkan terhadap varian Alpha mencapai 66 persen.

Kalau Pfizer, pada suntikan keduanya dapat mengurangi risiko seseorang mengembangkan gejala dari varian Delta sampai 88 persen. Jika pada varian Alpha sampai 93 persen.

Vaksin AstraZeneca Mengurangi Risiko Penularan Covid-19

Vaksin AstraZeneca
BeritaSatu

Selain itu, vaksin AstraZeneca juga terbukti dapat mengurangi risiko penularan varian original Covid-19 yang berasal dari Wuhan. Mengutip akun @adamprabata, penurunan risiko penularannya bisa mencapai 40-50 persen.

Capaian angka tersebut pun dapat dimiliki seseorang yang bahkan baru mendapatkan satu dosis vaksin tersebut. Sehingga nantinya jika sudah menerima dua dosis, penurunan risiko menularkan Covid-19 bisa lebih baik lagi.

Memang varian original Covid-19 dari Wuhan dengan varian Delta yang pertama kali ditemukan di India memiliki karakteristik yang berbeda. Varian original dapat menularkan virus ke 3-4 orang sedangkan varian Delta bisa lebih menular daripada itu.

_

Ayo segera ikuti vaksinasi sebagai proteksi kita terhadap Covid-19 ini. Stay safe and stay healthy!

close

AstraZeneca Terbukti Efektif Cegah Varian Delta!

Search
close