Foto Bumi oleh NASA Ini Punya ‘Noda’ Hitam, Pertanda Apa?

Foto Bumi oleh NASA Ini Punya 'Noda' Hitam, Pertanda Apa?
access_time 2 bulan yang lalu

National Aeronautics and Space Administration (NASA) Rabu kemarim baru membagikan foto bumi dari luar angkasa di situs resminya. Tidak seperti biasanya, ada sedikit kejanggalan dalam foto ini.

Bumi terlihat punya noda titik hitam yang lokasinya tepat di atas Kutub Utara. Titik apakah itu dan apa penyebabnya?

Titik hitam dalam foto Bumi oleh NASA

Bukan noda di layar ataupun jempol fotografer yang tidak sengaja tertangkap kamera, titik hitam itu benar-benar nyata.

Ternyata, hal yang kita lihat seperti ‘noda’ dalam foto Bumi tersebut bukanlah sesuatu yang berbahaya. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat itu menjelaskan, kalau titik itu adalah bayangan Bulan saat gerhana matahari bulan Juni lalu.

Pada tanggal 10 Juni 2021, NASA mengambil foto tersebut dengan Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC). Alat tersebut merupakan kamera dan juga teleskop yang berada di atas Deep Space Climate Observatory Satellite (DSCOVR) NOAA.

DSCOVR mengorbit titik keseimbangan gravitasi antara Bumi dan Matahari berjarak 1 juta mil dari planet kita.

Gerhana Matahari bulan lalu

noda di foto Bumi, karena Gerhana Matahari
REUTERS

Fenomena Gerhana Matahari Cincin yang tertangkap dalam foto itu terjadi ketika Bulan berada tepat di antara Bumi dan Matahari.

Pada Gerhana Matahari Total, Bulan akan menutupi cahaya matahari sepenuhnya. Namun, saat Gerhana Matahari Cincin, seperti yang terjadi 10 Juni kemarin, Bulan tidak sepenuhnya menutup cahaya matahari.

Hal tersebut karena Bulan sedang berada dekat dengan titik terjauhnya dari Bumi. Sehingga, terbentuklah sebuah cincin bercahaya matahari, “Ring of Fire“.

Mengambil foto bagian Bumi yang terkena cahaya Matahari dari jarak empat kali lebih jauh orbit Bulan, tidak pernah berhenti memberi kejutan,” kata Dr. Adam Szabo, Project Scientist NASA untuk DSCOVR.

Baca juga:

close

Foto Bumi oleh NASA Ini Punya ‘Noda’ Hitam, Pertanda Apa?

Search
close