Jalanan Ini Tiba-Tiba Menghilang, Kok Bisa?

access_time 2 bulan yang lalu

Sebuah jalanan di Denmark menarik perhatian publik karena tiba-tiba menghilang bak ditelan Bumi. Tidak benar-benar hilang, rupanya ruas jalan ini sengaja dibuat masuk ke dalam laut.

Mungkin kalian yang pernah melihatnya melalui Google Earth mengira kalau jalan ini tiba-tiba hilang atau terputus di tengah jalan dan tidak tahu di mana kelanjutannya. Mari lihat lebih dekat jalanan tersebut.

Jembatan Oresund, Akses Dua Negara yang Hilang di Tengah Jalan

Jika melihat dari kejauhan, mungkin kita akan mengira itu hanya sebuah jalanan biasa. Namun rupanya ini merupakan jembatan yang menjadi salah satu akses darat sebagai penghubung antara negara Denmark dan Swedia.

Jembatan tersebut bernama Oresund. Salah satu ujung jalanan dari jembatan itu berada di Kota Copenghagen sementara ujung lainnya ada di Kota Malmo.

Read more:

Jalanan di jembatan Oresund ini menjadi unik karena terlihat seolah-olah jalurnya hilang di tengah laut. Jembatan yang membentang sepanjang 8 km ini perlahan turun ke bawah dan masuk ke dalam terowongan di bawah laut.

Jalanan pada terowongan bawah laut itu sendiri punya jarak sejauh 4 km, sehingga total jarak dari jembatan tersebut mencapai 12 km. Sementara itu jembatan ini memiliki lebar 23,5 meter dan rentang terpanjangnya mencapai 490 meter.

Sejarah Jembatan Oresund

Jalanan di Jembatan Oresund
AFP/Niells Christian

Bisa dibilang, jalanan ini bukan fasilitas yang baru. Jembatan Oresund sendiri sudah dibuka sejak 1 Juli 2000 dan dirancang oleh arsitek asal Denmark, George K.S. Rotne.

Pada saat itu, George berhasil memenangkan kompetisi sketsa desain pada saat jembatan itu akan dibangun. Meski punya konsep yang unik, pembangunannya memiliki sejumlah tantangan.

Tantangan pertama, jembatan ini harus dibangun cukup tinggi dan lebar supaya memungkinkan kapal laut dapat melintasi di bawahnya. Jika terlalu rendah, tentu risiko tabrakan kapal akan terjadi.

Kedua, jembatan ini juga tidak dapat dibangun terlalu tinggi karena dikhawatirkan dapat mengganggu jalur penerbangan pesawat di Bandara Copenhagen. Mengingat bandara tersebut berlokasi cukup berdekatan dengan jembatan tersebut.

_

Buat kalian yang berencana liburan ke Denmark atau Swedia kayaknya wajib banget cobain melintas di jembatan ini sih. Pasti seru banget!

close

Jalanan Ini Tiba-Tiba Menghilang, Kok Bisa?

Search
close