close

Film Parasite Bukan Satu-Satunya Film ‘Terbaik’ Korea Tahun 2019! Penasaran?

By Stanley Joewono
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Film besutan Bong Joon-ho rajai Oscar 2020.

Pada ajang Oscar 2020 yang berlangsung di bulan Febuari 2020, Parasite berhasil menjadi film Asia pertama dan menggondol penghargaan dalam kategori ‘Best Picture‘. Kesuksesan Parasite di malam penghargaan menjadi semakin meriah  dengan 3 penghargaan extra lainnya, yaitu Best Original Screenplay, Best Director dan Best International Film.

Tetapi ternyata selain Parasite, di tahun bersamaan, ada begitu banyak film yang juga tidak kalah bagus dan pastinya worth banget untuk disaksikan.

USS Feeds kali ini akan memberikan rekomendasi 4 film terbaik asal Korea Selatan yang rilis dan tayang ditahun 2019. Mulai dari genre action, drama sampai dengan komedi. Pastinya cocok banget menemani waktu #Lebaran #Dirumahaja.

Kim Ji Young, Born 1982

Film ini berhasil bertengger di bawa Parasite sebagai film terbaik 2019 versi situs Cinema Escapist. Salah satu alasannya adalah karena film ini mengangkat isue menarik soal ‘gender dynamics’ yang terjadi di Korea dan cenderung mendapatkan opini yang kurang baik.

Berfokus tentang seorang wanita bernama Kim Ji Young, seorang wanita yang lahir di tahun 1982 dan nama Kim merupakan salah satu penamaan terpopuler untuk setiap bayi di masa itu. Nama tersebut seakan me’label’ dirinya menjadi sama dengan semua wanita, padahal tidak demikian.

Aksi Jung Yung mi pada flim bergaya ‘slow paced dan low key’ ini sangan cocok di tonton oleh para kaum wanita, kaum pria juga wajib menonton agar bisa mengerti perjuangan dari seorang wanita 🙂

House of Hummingbird

Pertama kali ditayangkan ‘premiere‘ pada Busan International Film Festival di bulan October 2018, House of Hummingbird baru tayang pada bioskop-bioskop di Korea Selatan di tahun 2019.

Alur cerita dari film ini terinspirasi masa kecil sang sutdradara, Kim Bora. House of Hummingbird bercerita tentang seorang gadis berusia 14 tahun bernama Eun-hee yang hidup di tahun 1994, dirinya berasal dari keluarga pekerja yang ‘terpinggir’ di kalangan masyarakat. Eun-hee merasa kesepian dan sunyi.

Feel film ini mirip dengan Shoplifters dan Nobody knows karya sutradara ternama asal Jepang, Hirokazu Kore-eda, singkatnya House of Hummingbirds membahas soal keluarga, kebebasan dan nostalgia akan permasalahan di masa remaja.

Money

Bagi para penggemar film sejenis Wall Street (1987) atau Wolf of Wall Street yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, sudah dipastikan bahwa Money sangatlah cocok.

Bercerita seorang anak muda yang berprofesi sebagai stockbroker. Jo Il-hyun yang diperankan oleh salah satu cast Reply 1988, Ryu Jun-yeol terlibat dengan dalam sebuah skema perdagangan misterius. Dirinya berusaha menghindar dari Han Ji-chul agar aksinya tidak tertangkap.

Exit, menampilkan Yoona SNSD

Selain film Extreme Job dengan genre komedi yang rilis di 2019, ternyata ada juga film dengan genre serupa yang juga tayang di tahun 2019. Film tersebut berjudul Exit, dan salah satu castnya adalah wanita cantik pujaan sebagian besar kaum hawa yaitu Im Yoon-ah atau Yoona.

Bercerita tentang sebuah kejadi di Seoul, di mana sebuah gas beracun mematikan secara tiba-tiba muncul dan menyerang kota, baik Yoona dan Jo Jung-suk harus menggunakan kemampuan panjat tebing mereka berdua untuk bisa selamat dari bencana tersebut.

Meskipun terdengar konyol, Exit berhasil menghibur para penoton dengan sedikit sentuhan ‘suspense‘ dan humor. Film ini berhasil menduduki peringkat ketiga pada penjualan tertinggi film Korea.

The Gangster, The Cop and The Devil

Bagi para pecinta action, pastinya film ini sangat cocok untuk disaksikan. Menampilkan Ma Dong-seok sebagai seorang boss mafia, dirinya secara mengejutkan harus bekerja sama dengan detektif yang diperankan oleh Kim Mo-yul.

Mereka bahu-membahu untuk bisa melacak dan menemukan seorang ‘serial’ killer berdarah dingin. Film ini berhasil mencuri perhatian pada saat di tayangkan pada Cannes Film Festival di tahun 2019 dan Sylverster Stallone berencana untuk membuat versi remake ala Hollywood.

Jadi, mana film yang akan terlebih dulu menemani #Lebaran lo #DIRUMAHAJA?

 

close

Film Parasite Bukan Satu-Satunya Film ‘Terbaik’ Korea Tahun 2019! Penasaran?