Peneliti Bikin Ayam Berwujud Dinosaurus, Chickenosaurus!

Peneliti Bikin Ayam Berwujud Dinosaurus, Chickenosaurus!
access_time 3 minggu yang lalu

Dinosaurus adalah hewan purba yang keberadaannya selalu bikin manusia zaman sekarang penasaran. Banyak upaya yang orang-orang lakukan untuk bisa melihat makhluk raksasa itu lagi, bukan cuma tulang belulangnya.

Salah satunya, peneliti asal Amerika Serikat pernah mengumumkan bahwa mereka telah memodifikasi paruh embrio ayam supaya menyerupai moncong hewan nenek moyangnya itu.

Yang jadi pertanyaan, seberapa jauh langkah para ilmuwan dalam menciptakan Chickenosaurus ini?

Para peneliti memodifikasi wujud ayam jadi dinosaurus

Perbandingan antara dinosaurus yang mirip unggas dengan burung moderen.
Perbandingan antara dinosaurus yang mirip unggas dengan burung modern (John Conway)

Melansir laporan National Geographic, modifikasi paruh ayam yang menyerupai dinosaurus ini adalah salah satu langkah dari berbagai upaya menciptakan chickenosaurus.

Dari sudut pandang kuantitatif, kami sudah sampai 50 persen,” ujar Jack Horner, profesor paleontologi di Montana State University sekaligus kurator paleontologi di Museum of the Rockies.

Sejak lama ia telah mendukung gagasan modifikasi ayam-dino ini. Katanya, ada empat modifikasi besar untuk mewujudkan makhluk purba tersebut. Pengubahan paruh oleh para peneliti ini adalah salah satunya.

Selanjutnya, para ilmuwan harus memberi gigi dan ekor yang panjang. terakhir, mereka harus mengubah sayapnya menjadi lengan.

Tantangan yang berat dan proses yang panjang

Peneliti Bikin Ayam Berwujud Dinosaurus, Chickenosaurus!
via Giphy

Membuat makhluk ‘modifikasi’ seperti ini bukanlah hal yang gampang, ya sebagian orang juga mengira ini ide yang gila. Kenyataannya, langkah pertama yang tampak kecil itu membutuhkan tujuh tahun kerja.

Pertama, mereka harus mempelajari perkembangan paruh pada embrio ayam dan burung emu. Selain itu, mereka juga mengamati perkembangan moncong pada embrio buaya, penyu, dan kadal.

Dalam perjalanan penelitian ini, mereka juga berhasil mendapat penemuan yang lebih mengejutkan. Saat paruh embrio ayam berubah jadi moncong, secara tidak sengaja mereka juga mengubah langit-langit mulut ayam.

Sekarang, tim Horner sedang berusaha menciptakan ayam berekor panjang. Ini adalah bagian paling sulit dalam menciptakan ayam-dinosaurus. Menurutnya, chickenosaurus ini bisa benar-benar terwujud di masa depan. Tapi masih harus ada pengamatan lebih lanjut tentang reaksi ayam dengan adanya ekor, lengan, jadi, dan gigi.

Baca juga:

close

Peneliti Bikin Ayam Berwujud Dinosaurus, Chickenosaurus!

Search
close