😡 Fakta Moodyan, Sikap yang Bikin Bete Semua Orang

moodyan
access_time 1 bulan yang lalu

Moodyan, sikap yang paling banyak dibenci orang ini kerap dialami oleh para wanita. Terutama yang lagi PMS, ada masalah, atau bisa karena kurang tidur. Hal ini kerap membuat semua hal yang ia lakukan menjadi berantakan. Nah, omong-omong soal moodyan, ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu. Kira-kira apa saja ya? Berikut ulasannya. 

  • Apa itu moodyan

moodyan
Via: Genmuda

Pertama-tama dijelaskan dulu nih mengenai apa itu moodyan. Jadi, itu adalah situasi berubahnya suasana hati yang terjadi secara tiba-tiba. Bisa menjadi marah atau sangat tidak bahagia. Contohnya saja ketika pagi hari tertawa bahagia, tapi pada siang hari berubah 180 derajat menjadi pemurung. 

  • Penyebab dari moodyan 

moodyan
Via: HerStory

Jangan percaya apabila ada cewek yang berubah suasana hatinya ketika ditanya mengapa malah menjawab gapapa. Alasannya karena pasti ada penyebab di balik itu semua. Contohnya saja seperti di bawah ini. 

– Ketidakseimbangan hormon 

Penyebab pertama yang paling banyak terjadi adalah ketidakseimbangan hormon. Untuk yang lagi PMS, biasanya hormon estrogen yang paling mendominasi. Hormon tersebut bisa naik atau turun secara drastis sehingga dapat membuat perubahan mood secara tiba-tiba. Lalu ada juga hormon lain yang mempengaruhi suasana hati yaitu hipotiroidisme. Ini adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup. 

Stres dan kelelahan 

Faktor lainnya ada stres dan kelelahan. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan, terutama untuk kamu yang sering sekali mengejar deadline tugas. Hal ini membuat kamu menjadi mood swing yang bisa bikin bete orang di sekitar. 

– Masa pubertas 

Kemudian ada masa pubertas. Dalam masa ini biasanya para remaja tidak hanya mengalami perubahan fisik, tapi juga emosional. Bisa menjadi lebih sensitif, pemalu, atau bahkan menggebu-gebu. 

  • Cara agar tidak mudah berubah suasana hati 

moodyan
Via: Republika

Membiarkan diri yang sering kali berubah suasana hati terlalu lama itu tidak baik. Jadi, coba beberapa cara berikut supaya tidak jadi manusia yang menyebalkan. 

– Belajar memanajemen stres 

Tips pertama adalah belajar untuk memanajemen stres. Bisa dengan meditasi, deep breathing, yoga, pijat, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba terapi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya bisa menanyakan kepada ahlinya.

– Tidur yang cukup 

Cara selanjutnya adalah tidur yang cukup. Normalnya, manusia tidur sekitar tujuh sampai delapan jam dalam sehari. 

– Berolahraga secara rutin 

Siapa sangka, ternyata olahraga juga bisa bermanfaat untuk mengurangi perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Ini dikarenakan saat berolahraga, tubuh menghasilkan hormon endorfin yang bisa mengurangi stres dan juga meningkatkan suasana hati. 

– Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein dan gula 

Banyak yang menganggap kalau makanan atau minuman yang mengandung kafein dan gula bisa membuat mood menjadi lebih baik. Padahal sebenarnya kedua zat stimulan ini dapat memperburuk suasana hati. Seperti kafein yang dapat memperburuk kecemasan, sedangkan gula bisa menyebabkan perubahan mood yang tiba-tiba. 

  • Tips menghadapi orang yang moodyan 

moodyan
Via: IDN Times

Jangan keburu marah ketika ada kerabat yang tiba-tiba berubah suasana hatinya. Lakukan tips ini supaya ia menjadi lebih baik mood-nya. 

– Tanyakan apa penyebabnya 

Pertama-tama kamu bisa menanyakan penyebabnya. Namun jangan gunakan emosi ketika bertanya, ya. Sebab jika kamu emosi, ia malah semakin bad mood dan mungkin saja malah meninggalkan kamu. 

– Biarkan ia sendiri 

Jangan dipaksa kalau ia tidak mau bercerita. Maka dari itu, yang harus kamu lakukan adalah membiarkan ia sendiri terlebih dulu untuk menenangkan diri. Karena tidak semua orang bisa menceritakan masalahnya saat itu juga. 

– Mengajaknya mencari suasana baru 

Setelah ia tenang, kamu bisa mengajaknya mencari suasana baru. Bisa nongkrong di kafe, main di Timezone, dan berbagai lokasi lainnya. Tujuannya adalah untuk menghibur dirinya sejenak. 

Itulah beberapa fakta mengenai moodyan. Jadi, ada beberapa penyebab terjadinya perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Namun, jangan khawatir tentang hal tersebut, karena itu sangat wajar. 

close

😡 Fakta Moodyan, Sikap yang Bikin Bete Semua Orang

Search
close