Elon Musk Yakin Otak Manusia Bisa “Ditanamkan” Chip, Apa Alasannya?

Elon Musk Yakin Otak Manusia Bisa "Ditanamkan" Chip, Apa Alasannya?
access_time 11 bulan yang lalu

Cip brain-computer interfance buatan Neuralink kabarnya akan segera ditanam pada otak manusia

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Elon Musk selaku CEO Tesla dan Space X, dirinya menyebutkan kemungkinan itu menjadi semakin terbuka setelah sebelumnya pada uji coba chip yang ditanamkan di babi menunjukan kemampuan bertahan selama dua bulan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Elon Musk selaku CEO Tesla dan Space X, dirinya menyebutkan kemungkinan itu menjadi semakin terbuka setelah sebelumnya pada uji coba chip yang ditanamkan di babi menunjukan kemampuan bertahan selama dua bulan.
via Tesmanian

Dalam demonstrasi yang digelar secara streaming, Musk menampilkan tiga babi yang tidak terlalu kecil dan masing-masingnya ditanamkan chip Neuralink.

Bagaimana cara kerja chip tersebut pada babi?

Babi pertama tidak memiliki implan chip Neuralink, kemudian babi kedua memiliki chip Neuralink namun sudah ditanamkan di masa lalu. Sementara babi ketiga yang diberi nama Getrude, saat ini memiliki prototipe tipe perangkat tersebut.

Seperti dilansir dari CNN, Musk menjelaskan kalau pihaknya telah menam implan chip di kepala Getrude sejak dua bulan sebelumnya dan implan tersebut terhubung ke neuron di moncong Getrude. Mocong tersebut akan mengirimkan lonjakan syaraf yang terdeteksi lebih dari 1.000 elektroda di implan jika menyetuh sesuatu.

Musk sendiri membeberkan alasan memilih babi dalam mengembangkan produk yang nantinya akan dipasangkan pada manusia karena babi sebenarnya sangat mirip dengan manusia. “Jika kita memikirkan berbagai hal untuk manusia, maka babi adalah pilihan yang baik.

Lebih lanjutnya Musk menyebutkan jika perangkat tersebut bertahan selama dua bulan pada babi, maka itu pertanda baik kalau perangkat itu juga kuat untuk manusia.

Bagaiman pengerjaan penanaman chip pada manusia dan apa tujuannya?

Nantinya proses penanaman chip Neuralink di otak manusia akan dilakukan dengan menggunakan robot bedah dan Musk sendiri berharap kalau implan tersebut suatu hari nanti akan dapat membantu penderita lumpuh untuk mengendalikan smartphone atau bahkan memberi pengguna semacam telepati.

HotHardware

Serupa dengan brain-machine interfaces, cip tersebut akan mengumpulkan sinyal listrik yang dikirim oleh otak dan menafsirkannya sebagai tindakan. Melansir The Conversation, Neuralink sendiri dikabarkan telah menciptakan perangkat implan yang dapat mengirimkan rekaman otak ke komputer secara real time pada saat pemilik otak bergerak dan berinteraksi dengan dunia.

Capaian itu sendiri merupakan langkah kemajuan yang cukup besar dan merukapan elemen yang telah hilang dari penelitian tentang brain-computer interfaces. Selain itu chip Neuralink, milik perusahaan Musk ini juga dinilai lebih sederhana jika dibanding dengan implan lain yang memerlunkan operasi besar dan terbatas pada bagian otak tertentu.

Source : CNNIndonesia

Canggih emang nih babang Elon Musk! Nah, kalau menurut Lo kapan kira-kira proses uji coba pada manusia akan dilakukan?

 

close

Elon Musk Yakin Otak Manusia Bisa “Ditanamkan” Chip, Apa Alasannya?

Search
close