#DIRUMAHAJA, Waktunya ‘Kasih Perhatian’ ke Sepatu Sneakers Lo!

access_time 1 tahun yang lalu

Entah sudah hari keberapa stay at home ini berlangsung buat lo, gua sendiri sudah memasuki hari ke-10. Selain anjuran dari Pak Presiden Jokowi, memang saat ini hal terbaik yang bisa dilakukan adalah #dirumahaja.

Selain untuk alasan kesehatan dan mengurangi resiko penyebaran virus corona, ternyata #dirumahaja juga memberikan kesempatan buat lo memberikan perhatian ke sepatu sneakers kesayangan lo.

Coba pikir-pikir, kapan terakhir kali lo sempat membersihkan ‘mereka’ atau bahkan mengeluarkan ‘mereka‘ dari dalam box untuk bisa ‘bernafas‘? Kalau sudah lupa kapan, ikutin deh 5 rekomendasi kegiatan bareng ‘sneakers’ dari gua yang bisa lo lakuin di akhir pekan ini.

1. Bersihkan/ Cuci Sepatu Sneakers Kesayangan Lo

Siapa bilang bersihin sneakers harus selalu melulu dikerjakan di tempat jasa pembersih sepatu? Di zaman yang makin canggih ini, lo sudah bisa membersihkan sendiri sepatu kesayangan lo.

Coba tonton nih video dibawah ini

Lewat video tersebut Highsnobiety menjelaskan secara detail langkah demi langkah yang bisa lo ikuti, dijamin sepatu lo kinclong seperti baru. Buat yang masih bingung untuk memilih ‘shoe cleaner’ yang mana? Jawabannya semua hampir sama, tapi kalau gua lebih prefer Jason Markk.

Nah setelah sneakers lo bersih, sekarang lo bisa melakukan aktivitas berikutnya.

2. Let Them ‘Breath’

Let them breath? Memangnya sneakers bisa bernafas? Jangan salah paham dulu, yang gua maksud adalah keluarkan sepatu kesayangan lo dari tempat penyimpanan mereka,baik dari dalam dus ataupun kotak penyimpanan sneakers lo.

Istilah anak IST (Indosneakerteam) biasanya adalah ‘jemur‘ atau ‘angin-anginin‘.

Tujuannya adalah biar semua sepatu lo tidak ‘kering’ dan bau,  karena sepatu yang terlalu lama disimpan dalam keaadan tertutup justru akan merusak sepatu tersebut astinya lo semua gak mau kan sepatu lo rusak?

3. UNDS / Rock Them

Ini kegiatan yang gak kalah penting, terutama buat lo yang punya banyak sepatu. Sering kali lo menggunakan beberapa sepatu dan melupakan sepatu yang lain, nah salah satu cara untuk memastikan sepatu lo tidak cepet ‘crack‘ atau rusak adalah dengan ‘memakainya’.

Nike Air Jordan 5 Grape 1990 OG

Bukan hanya sepatu dengan ‘Air‘ atau pun New Balance yang bisa crack, semua sepatu yang tidak dipakai suatu saat akan mengalami hal serupa. Nah dibanding rusak karena tidak dipakai, mendingan dipakai tuh sepatunya.

Bisa dipakai untuk berjalan di dalam rumah, atau yah keluar rumah dan mengitari kompleks rumah. Sambil UNDS/Rock your sneakers, lo bisa juga melakukan kegiatan berikutnya nih.

*sambil menyelam minum air, begitu katanya*

4. Foto Onfeet / Unboxing

Ini salah satu kegiatan yang biasa tidak akan dilewatkan saat sedang berkumpul sesama sneaker enthusiast, foto on-feet adalah kewajiban! Buat lo yang masih bingung mau foto kayak gimana, coba deh bukan Instagram dan cari refrensi di sana. Sebut saja ;

@Justunboxed

Akun satu ini sering me-repost foto dengan tema ‘unboxing‘, kan beberapa tahun belakangan unboxing adalah sebuah kegiatan yang paling menyenangkan bukan? Namun selain unboxing, mereka juga sering menampilkan foto minimalis yang bisa lo jadikan refrensi.

@IndoSneakerTeam_

IST juga sering merepost foto on-feet dari para followersnya, dan gak ada salahnya follow akun salah satu komunitas sneakers yang ada di Indonesia kan?

Nah 2 rekomendasi di atas gua rasa cukup banget memberikan refrensi angle foto yang baik. Yuk foto on-feet!

5. Sort them out

DJ Khaled's Sneaker Closet (1)

Setelah selesai dibersihkan, ‘di angin-anginin‘, di ‘rock‘ dan berfoto bersama sepatu lo, sekarang waktunya lo kembali merapikan ‘mereka‘. Pisahkan mereka menjadi 3 kategori, yaitu ;

  • Beater, sepatu tempur yang siap dipakai dalam kondisi apapun
  • Daily rotation, sepatu yang akan lo gunakan dalam rotasi lo.
  • ‘Grail’ to keep, sepatu yang jarang lo pakai dan lebih ingin lo simpan.

Tips gua untuk yang punya lebih dari 1 brand sepatu, coba simpan sepatu tersebut berdasarkan brand masing masing yah.

Itu tadi 5 kegiatan yang bisa lo lakuin diakhir pekan lo bareng sepatu kesayangan lo, inget kalau foto on-feet jangan lupa untuk tag atau mention @urbansneakersociety, kali aja tuh di-repost.

Happy weekend guys, stay home and save lives!

 

close

#DIRUMAHAJA, Waktunya ‘Kasih Perhatian’ ke Sepatu Sneakers Lo!

Search
close