Google akan Buat Hp Android Jadi Alat Pendeteksi Gempa

Google akan Buat Hp Android Jadi Alat Pendeteksi Gempa (Source: Business Insider)
access_time 1 tahun yang lalu

Sistem pendeteksi gempa akan dikembangkan Google untuk perangkat android

Google kini tengah mengembangkan perangkat android menjadi alat pendeteksi gempa. Sistem tersebut baru saja diluncurkan Google pada hari Rabu (12/8) lalu.

Sistem tersebut akan memanfaatkan akselerometer di ponsel android sebai sumber data untuk algoritma pendeteksi bumi. Adapun akselerometer adalah adalah sensor yang digunakan untuk mengukur percepatan suatu objek.

Sistem tersebut pun akan aktif secara otomatis ketika mendeteksi gempa, dengan mengirimkan peringatan kepada orang-orang yang mungkin terdampak.

Source: GIPHY
Source: GIPHY
Baca juga: Bangun Rumah Dengan Tangan dan Teknologi Primitif, Channel Ini Akhirnya Diapresiasi oleh YouTube

Pendeteksi gempa di perangkat android akan berlangsung dalam dua tahap

Akan sangat bagus jika ada sistem berbasis seismometer di mana-mana yang dapat mendeteksi gempa bumi,” kata Marc Stogaitis, insinyur perangkat lunak Android di Google, seperti dikutip The Verge.

Namun, “hal itu tak terlalu praktis dan sulit meraih seluruh dunia, karena seismograf sangat mahal. Alat itu juga perlu dirawat berkala. Selain itu Anda juga perlu menempatkan banyak seismograf untuk bisa menyediakan sistem peringatan dini gempa bumi.”

Pada tahap kedua, Google akan mengonfirmasi gempa kepada pengguna. Google akan menampilkan hasil deteksi gempa yang dideteksi ponsel Android di laman pencarian Google.

Tahap terakhir, akan dilakukan setelah Google punya data yang cukup dari pengguna untuk meyakinkan akurasi data pada sistem.

Source: Google

Baca juga: Biksu Ini Beatbox Sambil Nyanyikan Teks Ajaran Buddha

Sistem pendeteksi gempa dari Google di perangkat android belum tersedia secara global

Sistem itu pun baru diuji Google di California, Amerika Serikat. Kesempatan untuk jadi relawan pun dibuka buat uji coba ini.

Jika setuju menjadi relawan, maka akselerometer di ponsel relawan tersebut akan menjadi salah satu poin data untuk mendeteksi gempa.

Earthquake GIF by James Curran | Bocha, Animação, Diversão

Baca juga: Kelas Yoga Ini Khusus Buat Pecinta Musik Black Metal!

Sistem deteksi gempa, bukti bahwa ponsel lebih dari sekadar alat komunikasi

Salah satu poin penting dari pengembangan sistem pendeteksi gempa ini adalah untuk membuktikan bahwa ponsel cerdas punya fungsi yang lebih penting dari sekadar alat komunikasi.

Selain itu sistem ini juga bisa dijalankan dengan memanfaatkan kekuatan Google: pengguna Android yang sangat banyak di seluruh dunia. Selain itu sistem ini juga didukung dengan kecerasan algoritma mengolah big data.

Asset3_nocaption (1).gif

Selain sistem pendeteksi gempa, fitur apa yang menurut lo harusnya dikembangkan Google untuk perangkat android? Tell us in the comments below!


close

Google akan Buat Hp Android Jadi Alat Pendeteksi Gempa

Search
close