Dave Grohl Sutradarai Dokumenter ‘What Drives Us’, Ini Trailer-nya!

Dave Grohl in What Drives Us
access_time 3 bulan yang lalu

Jagoan band Foo Fighters Dave Grohl lagi-lagi unjuk gigi jadi sutradara dalam sebuah film dokumente. Setelah sebelumnya bikin dokumenter berjudul ‘Sound City’, kini filmnya ia beri tajuk ‘What Drives Us‘.

Turut menampilkan St. Vincent, Slash, Ringo Starr, The Edge, dll., dokumenter ini berisi cerita dari para musisi besar tersebut dalam karier musiknya. Bukan sekedar cerita biasa, ini secara spesifik menceritakan kisah para musisi yang berjuang di tur-nya pakai mobil van.

Trailer dokumenter ‘What Drives Us’ buatan Dave Grohl

Dave Grohl bikin dokumenter ini bagaikan ‘surat cinta’ untuk ritual rock and roll, yaitu tur di dalam van, mengutip Deadline.

Jajaran musisi yang ia ajak juga gak main-main. Ada Ringo Starr, Brian Johnson (AC/DC), Steven Tyler (Aerosmith), St.Vincent, Slash dan Duff MckKagan (Guns & Roses), The Edge (U2), Flea (Red Hot Chili Peppers), Lars Ulrich (Metallica), Exene Cervenka (X), dan masih banyak lagi.

Mantan drummer Nirvana itu menjelaskan, “Film ini adalah surat cintaku untuk setiap musisi yang pernah naik van tua bersama teman-temannya dan meninggalkan apapun hanya untuk hadiah sederhana, yaitu bermain musik.”

Perjuangan keras para musisi mendatangkan pertanyaan ‘Apa yang menggerakkan kita?’

Ringo Starr
Ringo Starr: “You gotta get in the van if you want to make it in this business.”

Semua mulai dari proyek dengan peralatan ‘DIY‘ seadanya selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun hingga menjadi musisi-musisi ternama. Dalam perjalanannya, para musisi ini menjadikan sebuah van jadi ‘rumah berjalan’ bagi mereka.

Pihak produksi menjelaskan “Saat belum ada yang mengetahui nama mereka, mereka punya kemauan tak terhentikan untuk membagikan musiknya ke dunia. Hasrat mengharuskan mereka untuk meninggalkan semuanya untuk meraih mimpi.

Selain itu, Dave Grohl juga menghadirkan dua band pendatang baru yang sedang memperjuangkan musik mereka dari kota ke kota, yaitu RadKey dan Starcrawler. Selain menceritakan perjalanannya, mereka juga menceritakan kisah para musisi terbesar di industri musik, romansa dan petualangan, sampai kegilaan mereka di jalan.

Dave Grohl on Sound City,
Dave Grohl on Sound City (via FooArchive)

Melansir Billboard, proyek ini adalah proyek ketiga Grohl dalam dunia produksi film. Sebelumnya, ia pernah menggarap dokumenter musik (juga) berjudul ‘Sound City‘. Dokumenter itu bercerita tentang Van Nuys, studio di California tempat Nirvana rekaman ‘Nevermind’ tahun 1991.

Selain itu, Grohl berhasil menyutradarai docuseries HBO pemenang Emmy dengan delapan episode ‘Foo Fighters: Sonic Highways‘.

Baca juga:

close

Dave Grohl Sutradarai Dokumenter ‘What Drives Us’, Ini Trailer-nya!

Search
close