Changi Airport Singapura Bukan Lagi Bandara Terbaik Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Changi Airport Singapura Bukan Lagi Bandara Terbaik Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
access_time 2 bulan yang lalu

Sejak satu dekade lamanya, Changi Airport Singapura memiliki titel sebagai bandara terbaik di dunia, menurut daftar tahunan Skytrax.

Gelar itu terus Singapura pegang, hingga akhirnya baru-baru ini terkalahkan oleh Hamad International Airport (HIA)Doha, Qatar.  Selama bertahun-tahun, HIA di Doha itu ‘memanjat’ ranking hingga akhirnya jadi nomor satu tahun 2021 ini.

Untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, Changi kehilangan gelar nomor satunya tersebut. Bukan ke nomor dua, Changi sekarang menempati posisi ketiga setelah bandara Haneda di Tokyo.

Changi Airport terdepak dari posisi nomor satu, Hamad Airport gantinya

Changi Airport terkalahkan Hamad di Doha sebagai Bandara Terbaik Dunia
Hamad Internaional Airport (via Getty Images)

Kenaikan peringkat bandara di Doha itu salah satunya merupakan hasil kerja keras dai maskapai andalannya, Qatar Airways. Pasalnya, Pemerintah Qatar sudah benyak berinvestasi untuk bandara dan maskapai nasionalnya itu.

Walaupun sulit untuk menilai bandara terbaik di tengah pandemi seperti ini, penghargaan ini diambil berdasarkan survei pelanggan dalam kepuasan bandara global yang berlangsung dari Agustus 2020 hingga Juli 2021.

Skytrax dalam hal ini membuata daftar tambahan yang secara khusus menilai bandara mana yang menangani protokol kesehatan dan kebersihan dengan baik.

Walaupun harus kalah dari Tokyo Haneda yang juga memegang penghargaan ‘Bandara Terbersih’, Changi Airport memenangkan ‘Staf Bandara Terbaik’.

Peringkat bandara Indonesia

Soekarno-Hatta
Bandara Soekarno-Hatta (via Getty Images)

Dalam daftar 100 bandara tahun 2021 tersebut, Eropa dan Asia lah yang mendominasinya. Jepang terpilih sebagai negara dengan peringkat terbaik secara keseluruhan, dengan tiga bandara di 10 besar, termasuk Narita dan Haneda.

Walaupun masih kalah jauh dengan Changi Airport Singapura, Tokyo Haneda, apalagi Hamad di Doha, Indonesia harus tetap berbangga karena dua bandara Indonesia tahun ini naik peringkat.

Tahun lalu, Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-35. Sementara itu, Ngurah Rai berada di peringkat ke-85.

Kini, Soetta naik satu peringkat jadi 34, dan Ngurah Rai naik tiga peringkat ke posisi 82.

Kapan ya Soetta bisa balap peringkat Hamad International Airport?

Baca juga:

close

Changi Airport Singapura Bukan Lagi Bandara Terbaik Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Search
close