πŸ’ƒπŸ»8 Cara Menurunkan Berat Badan, Aman untuk Kesehatan

By
access_time 5 bulan yang lalu

Apakah cara menurunkan berat badan yang kita lakukan menyehatkan, atau malah menjerumuskan diri kita pada berbagai penyakit?

Saat ini, ada banyak sekali tren diet atau program penurunan berat badan yang menawarkan beragam variasi teknik. Ibarat memilih serum untuk kulit, saking banyaknya sampai kita pusing mau pilih yang mana.

Nah, sebenarnya ada beberapa pakem yang menjadi dasar para program diet tersebut. Yakni, pola makan, konsep kalori dan gaya hidup (olahraga, tidur dan sebagainya). Sebagian menawarkan kita untuk langsing, sebagian mengajak kita untuk sehat dengan turun berat badan sebagai bonusnya.

Untuk mempermudah langkah dietmu selanjutnya, baca ini dulu yuk agar sukses menurunkan berat badan tanpa sakit atau keluar uang banyak dengan sia-sia.

Memahami prinsip kalori

Sumber: Andori Gadget Hacks

Kalori adalah satuan energi dalam makanan yang kita konsumsi. Prinsip menurunkan berat badan adalah mengatur dan menurunkan kalori harian kita. Standarnya kita mengonsumsi 1500-2000 kalori dalam sehari. Maka, cara menurunkan berat badan salah satunya adalah menurunkan kalori masuk menjadi sekitar 1200-1500 saja, atau sesuai saran gizi.

Makanan yang nampak berat tidak selalu memiliki kalori tinggi, misalnya buah dan sayur. Makanan ringan, malah banyak yang memiliki kalori besar, seperti keripik, kerupuk, gorengan bahkan mie instan. Cara mengurangi kalori masuk adalah dengan mengganti jenis makanan hingga melakukan olahraga. Tapi, di awal biasanya akan disarankan untuk fokus pada pola makan lebih dulu.

Mengatur pola makan harian

Sumber: Precious Core

Diet biasanya mulai dengan mengatur pola makan, lewat 3 kali makan besar dan 2 kali ngemil, jendela makan dan beragam jenis aturan pola makan. Tapi, selain waktu makan, yang paling penting adalah mengatur jenis makanan kita.

Dari yang biasanya makanan olahan praktis seperti gorengan, makanan instan, dessert manis, kepada makanan yang minim pengolahan. Seperti buah dan sayur segar, lauk yang kita olah sendiri, karbohidrat kompleks. Termasuk memantau bahan dan bumbu yang kita masukkan. Biasanya menggunakan garam diet, mengubah jenis minyak dan mengatur jumlahnya dari 5 sdm, menjadi kurang dari 1 sdm, hingga minim gula. Meski demikian, banyak makanan diet yang rasanya tetap enak kok.

Cara menurunkan berat badan perlu dengan konsultasi

Sumber: Career Healthcare

Diet memang bisa kita atur sendiri, tapi seringnya malah jadi ekstrim atau salah treatment hingga menimbulkan penyakit lambung, usus, sembelit dan lainnya. Sangat disarankan konsultasi dengan ahli gizi, karena satu teknik diet belum tuntu cocok dengan semua orang.

Kadang, karena ingin sekali kurus, kita malah β€˜mengagetkan’ badan dengan pengurangan makan yang ekstrim. Adanya nutrisionis atau ahli gizi akan meminimalisir risiko tersebut, dengan menyesuaikan dan memodifikasi sebuah teknik serta anjuran makan yang lebih sesuai dengan kebutuhan personal kita.

Cara menurunkan berat badan dengan pengukuran teratur

Sumber: Bistro MD

Tak ada target yang bisa dikejar, bila tidak ada pengukurannya. Yang pasti, kita perlu memiliki timbangan badan akurat dan alat pengukur lingkar badan (yang biasanya digunakan oleh penjahit). Lakukan pengukuran harian atau 2-3 hari sekali dan catat. Catatan ini akan memotivasi kita walaupun kemungkinannya turun naik.

Jangan cepat down bila progress kita lambat atau bahkan sempat naik lagi. Kegemukan menahun, tidak mungkin dilibas dalam sebulan saja. Karena, bila demikian maka yang ada tubuh kita malah dalam bahaya. Diet yang sehat adalah yang prosesnya dilakukan secara bertahap.

Memenuhi standar jam tidur

Sumber CNET

Banyak yang berpikir kalau tidur bikin gemuk, padahal tidur yang tepat malah bisa membakar kalori layaknya puasa dan olahraga. Cara menurunkan berat badan yang kedua adalah dengan memenuhi tidur malam 6-8 jam sehari.

Buat beberapa orang ini agak sulit, karena kebiasaan begadang, bekerja dan sebagainya. Tapi, sebaiknya prioritaskan juga kesehatan. Tidur dengan durasi yang baik, juga bisa mencegah kita dari bahaya penyakit paru, jantung, serta gangguan fungsi otak dan emosional.

Cara menurunkan berat badan dengan berolahraga

Sumber: CNET

Dari tadi belum membahas olahraga kan? Yes, aktivitas fisik memang kita lakukan setelah tubuh melalui penyesuaian dari makanan. Cara ini juga membantu menyiapkan otot dan energi kita agar siap dengan latihan yang bertahap pula.

Jika pola makan sudah terbentuk dan teratur, latihan pertama yang disarankan biasanya adalah untuk otot, dari intensitas rendah ke menengah. Setelah beberapa waktu, tahap berikutnya adalah melatih kardio. Pada tahap ini, juga mulai dari rendah-menengah. Ikuti arahan trainer supaya tidak terjadi cidera otot atau kram yang membahayakan.

Cara menurunkan berat badan perlu sabar dan konsisten

Sumber: SHape Up For Success

Walaupun iklan program diet biasanya menunjukkan perubahan dalam 2 minggu, 1 bulan, bahkan 3 bulan, percayalah bahwa semua butuh proses dan yang diperlihatkan itu belum selesai. Kunci dari keberhasilan apapun adalah sabar dengan proses tersebut dan konsisten. Diet yang baik, akan membuat kita lama-kelamaan menjadi biasa dan menjadikannya pola hidup sehari-hari.

Selain itu, bersabar dengan proses yang dijalani akan membantu mencegah kita dari berat badan yo-yo atau turun terlalu drastis hingga membahayakan organ. Sudah cukup banyak kasus kesehatan yang terlampau sulit diobati karena diet yang keliru.

Tips saat jajan/makan di luar

Sumber: The Conversation

Saat di rumah, mungkin kita bisa mengatur apa yang kita makan. Tapi, karena kita makhluk sosial dan punya kebutuhan lain di luar, ada kalanya menerima ajakan makan atau ingin jajan di luar. Bila memungkinkan, pilih makanan yang rebus-rebusan, tinggi protein dan serat daripada gorengan atau makanan manis.

Dan jika kamu ingin lebih efektif, bawa timbangan makanan digital mini sehingga kamu bisa mencatat apa yang sudah masuk ke mulut beserta gramasinya. Nanti, di rumah tinggal menghitung kalorinya. Tidak perlu merasa bersalah. Hidup dan diet juga perlu kita nikmati. Tapi, tetap ingat bahwa ada target yang ingin kita kejar.

close

πŸ’ƒπŸ»8 Cara Menurunkan Berat Badan, Aman untuk Kesehatan

Search
close