Bumi Semakin Panas, Relawan Ini Rencananya Akan Redupkan Matahari! Bagaimana Caranya?

Bumi Semakin Panas, Relawan Ini Rencananya Akan Redupkan Matahari! Bagaimana Caranya?
access_time 11 bulan yang lalu

Cara terbaru penyelamatan Bumi yang ekstrem baru saja ditemukan ilmuwan

Bumi semakin panas, kenyataan itu tidak berubah meski sudah berbagai cara dilakukan untuk bisa mengurangi pemanasan global. Beruntung ada cara baru yang ditemukan untuk bisa menyelematkan bumi.

Meski terdengar ekstrem, mereka percaya bahwa meredupkan Matahari akan menjadi solusi untuk mengatasi bumi yang semakin panas.

Sudah Kerja Keras tapi Dipandang Sebelah Mata? Tenang Lo Nggak Sendiri

Begini cara meredupkan Matahari untuk mengurangi panas di Bumi.

Dalam makalah ilmiah yang dipublikasikan di Environmental Research Letters, para peneliti yang dipimpin ilmuwan dari University of Cape Town membahas sebuah kemungkina. Mereka rencananya akan menggunakan partikel yang ditembakan ke atmosfer untuk mengurangi intesitas sinar Matahari guna meredakan pemanasan global.

Menembakan partikel reflektif ke atmosfer Bumi pada akhirnya dapat mencegah Bumi dari kekeringan yang menghancurkan sebagai akibat perubahan iklim yang sedang berlangsung,” tutur merekea seperti dilansri dari BGR, Kamis (26 November)

Para penelit yang menulis makalah ini juga memperkirakan bahwa dengan menggunakan model dari Stratospheric Aerosol Geoengineering Large Ensemble Project ada potensi bisa mengurangi kemungkinan 'Day Zero'. Sebuah hipotesis ketika dunia kehabisan air bersih untuk kebutuhan mahluk hidup sebesar 90%.
via Times of India

Faktanya meski terdengar gila dan ekstrem, ini bukan sebuah guyonan. Melainakn sebuah proyek sungguhan yang sangat ambisius. Bahkan cara ini diklaim bisa mencegah kerusakan di seluruh dunia.

Para penelit yang menulis makalah ini juga memperkirakan bahwa dengan menggunakan model dari Stratospheric Aerosol Geoengineering Large Ensemble Project ada potensi bisa mengurangi kemungkinan ‘Day Zero’. Sebuah hipotesis ketika dunia kehabisan air bersih untuk kebutuhan mahluk hidup sebesar 90%.

Bisa jadi ide briliant atau malah bumi semakin panas dan memperburuk keadaan

Matahari, via NASA

Jika pada akhirnya berfungsi sebagaimana mestinya, maka hal itu akan sangat mengesankan. Namun pastinya ada masalah lain yang bisa saja muncul. Memerangi bencana seeperti kekeringan tingklat planet tidak akan benar-benar menyelesaikan masalah pemanasan global.

Hanya saja hal ini berpotensi mengurangi salah satu gejala pemanasan global meksi tidak akan memulihkan kerusakan yang sudah jadi. Fakta lain juga menyebutkan kalau kondisi tersebut bisa memperburuk keadaan dengan cara yang belum disadari sepenuhnya.

Selain itu, rintangan besar lain antara kemanusian dan geoengineering global adalah kenyataan bahwa untuk menjalankan ide itu, semua orang harus setuju. Satu negara tidak bisa begitu saja memutuskan meredupkan Matahari untuk semua penduduk di Bumi tanpan mendapat persetujuan dari semua negara.

Bisa jadi malah muncul ketegangan serius antar banyak negara dan bahkan potensi konflik militer ketika ada pihak yang menolak untuk mengalah.

Waduh mirip-mirip film sci-fi yang ngebahas dunia nih, kaya “The Day The Earth Stood Still”. Ngeri!

close

Bumi Semakin Panas, Relawan Ini Rencananya Akan Redupkan Matahari! Bagaimana Caranya?

Search
close