Bukan Cuma Manusia, Orangutan Borneo Juga Jalani Swab Test

Orangutan Kalimantan Swab
access_time 2 minggu yang lalu

Sebanyak 30 orangutan Kalimantan melalui tes Covid-19 di negara bagian Sabah, Malaysia. Tes ini terlaksana pada Selasa, 7 September 2021 minggu lalu.

Melansir VOA, ‘geng’ primata yang tes minggu lalu ini adalah kelompok kera pertama yang menjaladi tes Covid-19 di Malaysia. Untungnya, petugas setempat melaporkan hasil yang seluruhnya negatif.

Tes Covid-19 untuk orangutan, apa tujuannya?

Bukan Cuma Manusia, Orangutan Borneo Juga Jalani Swab Test
via Tenor

Sebagai satwa yang yang tergolong dalam kelompok hewan terancam punah, penting untuk mengetahui apakan mereka juga terhangkit virus corona.

Selain itu, Swab antigen ini mereka lakukan karena petugas pusat rehabilitasi dan margasatwa, tempat sekelompok orangutan tersebut tinggal, positif terinfeksi Covid-19.

Melakukan tes Covid-19 merupakan upaya oenting bagi kami untuk melewati pandemi ini dan hal ini juga sama pentingnya bagi populasi mereka,” kata Sen Nathan, asisten direktur Badan Margasatwa Sabah.

Melansir Kompas, tes ini dilakukan dokter hewan dengan alat pelindung diri lengkap, dengan metode swab di hidung primata itu.

Masuk klasifikasi ‘sangat terancam punah’

Orangutan Kalimantan
via Kompas

Orangutan Kalimantan, masuk ke golongan hewan ‘sangat terancam punah’ oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Populasi mereka pun sudah turun lebih dari 50 persen selama 60 tahun terakhir.

Menurut WWF, hal ini terjadi karena habitat hutan yang berkurang akibat penebangan dan pembukaan lahan untuk perkebunan dan pertanian.

Jadi, jangan sampai pandemi ini juga memperburuk populasi mereka yang hampir punah itu juga. Pasalnya, kadang ada kasus hewan yang terinfeksi Covid-19.

Gorilla
via REUTERS

Faktanya, beberapa waktu lalu di salah satu kebun binatang Atlanta, Amerika Serikat, mengumumkan kalau gorila yang tinggal di sana sempat terjangkit virus tersebut.

Kucing-kucing peliharaan, anjing-anjing, dan setidaknya satu musang pun sudah terinfeksi virus Covid-19.

Baca juga:

close

Bukan Cuma Manusia, Orangutan Borneo Juga Jalani Swab Test

Search
close