BTS Dapat Komentar Rasis, Radio Jerman Ini ‘Minta Maaf’

BTS on MTV's Unplugged
access_time 8 bulan yang lalu

Radio Jerman Bayern 3 Jumat lalu akhirnya buka mulut atas komentar rasis salah satu host-nya mengenai boyband K-pop yang mendunia, BTS.

Ini bermula dari penyiar radio Jerman Matthias Matuschik yang dengan gamblangnya berkomentar ‘gak banget’ tentang BTS. Ia secara buka-bukaan menyatakan ketidaksukaannya kepada boyband Korea Selatan itu dengan ‘lelucon’ rasis.

Karena itu, para Army pun meramaikan trending topic di Twitter dengan tagar #ApologizetoBTS, #Bayern3Racist, #RassismusBeiBayern3.

Komentar kayak gimana sih yang bikin orang-orang marah ini?

K Pop Band BTS Visits ″Today″ Show
via wireimage

Pada acara ‘der etwas andere Abend‘, Matuschik berkomentar mengenai BTS yang baru meng-cover lagu ‘Fix You’ – Coldplay. Tidak suka dengan penampilan BTS di MTV Unplugged tersebut, Matuschik menyamakan boyband itu dengan virus corona.

Katanya, mereka seperti virus ‘menyebalkan’ yang semoga segera ada vaksinnya. Padahal, Coldplay-nya aja ngasih apresiasi dan bikin hashtag #BTSUnplugged.

Selain itu, dia juga bilang kalau jangan menyebut dirinya xenophobia karena ia ‘gak menentang Korea Selatan’.

Sipping Kermit The Frog GIF
via Giphy

bukannya saya menentang Korea Selatan. Jangan bilang saya xenophobia (ketidaksukaan terhadap asing). Bahkan saya punya mobil dari Korsel.” ujarnya di Radio.

Tapi BTS, mereka ada di MTV Unplugged, ya.. Unplugged. Ini paradox banget. Dan mereka ngecover lagu Coldplay, Fix You! Menurut saya, ini penistaan (Gotteblästerung)!!” lanjutnya.

Lalu, dia juga nambahin kalau BTS harusnya ‘liburan’ ke Korea Utara selama 20 tahun karena covernya itu.

‘Permintaan maaf’ dari Radio Jerman Bayern 3

Radio Jerman BAYERN 3 minta maaf atas komentar rasis
via Koreaboo

Setelah mendapatkan hujatan heboh dari banyak orang, terutama BTS Army, Bayern 3 menyatakan ‘pernyataan maaf’-nya.

Namun, mereka menjelaskan kalau itu hanyalah ‘karakter’ dari program ‘der etwas andere Abend’ ini. Di samping itu, mereka juga bilang kalau Matuschik cuma mengekspresikan opininya dengan jelas dan terbuka.

Di sini, ia menyampaikan opininya dengan cara yang ironis dan dibesar-besarkan. Ia melampaui pemilihan kata-katanya dan menyakiti perasaan fans BTS. Tapi dia pastikan ke kami, tidak ada maksud seperti itu.” Bayern 3 dengan penjelasannya tanpa permintaan maaf yang layak.

Selain nge-tweet “racism is NOT an option.“, akun @vfxjimin juga bilang kalau ini bukanlah masalah opini. Dengan banyaknya kegiatan kriminal rasisme ‘anti-Asia’ sekarang-sekarang ini, hal ini udah gak bisa diketawain lagi.

Karena ‘permintaan maaf’-nya yang belum diterima masyarakat, radio Jerman itu memberi pernyataan tambahan. Di pernyataan itu, Matthias juga menyatakan penyesalannya.

(lihat terjemahannya di sini).

Kami minta maaf dengan segala bentuk untuk pernyataan oleh Matthias Matuschik pada siaran langsungnya.” Bayern 3 dalam penyataan di website-nya

Bersama dengan Matthias dan seluruh tim, kami akan memperbaiki topik secara detil dan memastikan kesalahan serius seperti itu tidak akan terulang di masa yang akan datang.” tutup pernyataan tersebut.

Semoga aja, kejadian serupa beneran gak diulangi lagi, ya!

Baca juga:

close

BTS Dapat Komentar Rasis, Radio Jerman Ini ‘Minta Maaf’

Search
close