Bicara Pelan Selama 2 Bulan Bisa Usir Corona, Apakah Benar?

access_time 11 bulan yang lalu

Apakah berbicara pelan-pelan bisa jadi alternatif daripada menggunakan masker?

Pada musim pandemi seperti ini, kita semua percaya bahwa masker adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Tapi percaya gak kalau dengan hanya berbicara pelan-pelan selama dua bulan, itu juga bisa mencegah penyebaran virus corona?

Katanya, jika Lo bisa tahan saja berbicara dengan orang lain secara pelan, hal itu bisa mengusir virus corona. Pernyataan itu merupakan sebuah studi baru di bulan Juni 2020 kemarin oleh Prosiding National Academies of Sciences di Amerika.

Apakah Lo percaya?

Bicara Pelan-Pelan Bisa Cegah Virus Corona

via iStock

Orang yang berbicara keras-keras lebih cenderung mengeluarkan lebih banyak tetesan air liur atau droplet ke orang sekitarnya,” tertulis dalam studi tersebut.

Jika Lo berbicara keras dan ternyata ada potensi virus corona di dalam droplet, hal itu akan sangat membahayakan banyak orang. Berbanding terbalik jika Lo mencoba berbicara pelan-pelan, hal itu bisa meminimalisir droplet yang keluar dari mulut.

Orang-orang perlu memahami virus ini ada di udara, dan mereka mengembuskan virus 10 kali lebih banyak ketika mereka berteriak atau berbicara dengan keras,” kata Jose L. Jimenez, spesialis penyakit menular dari University of Colorado.

Bahkan menurut Jimenez, akan lebih aman dan baik lagi jika Lo diam selama berinteraksi dengan orang lain. Hal ini akan membuat Lo 98 persen lebih aman dari penyebaran Covid-19.

Lebih Baik Daripada Menggunakan Masker?

via iStock

Jika dibilang ini lebih efektif daripada menggunakan masker, tidak juga. Daripada Lo harus ribet-ribet berbicara dengan pelan, cara paling efektif adalah tetap menggunakan masker.

Dengan masker, segala partikel droplet di udara akan lebih diminimalisir untuk mencegah penyebaran virus corona. Secara logika, dengan mulut yang tertutup Lo juga akan semakin terhindar dari droplet yang berterbangan di udara.

_

Kalau menurut gue sih tentu masih lebih setuju menggunakan masker. Walaupun agak engap, tapi untuk sementara cara itu adalah yang terbaik sampai nanti vaksin corona sudah tersedia.

Gimana tanggapan Lo?

close

Bicara Pelan Selama 2 Bulan Bisa Usir Corona, Apakah Benar?

Search
close