Bali Siap Suruh “Putbal” Turis yang Nekat Mudik

access_time 5 hari yang lalu

Pemerintah Bali kabarnya telah siap menolak para turis yang nekat mudik ke kawasannya. Berbagai langkah keamanan telah ditingkatkan, terutama di pelabuhan yang jadi salah satu pintu masuknya.

Sebelumnya, kita mendapat kabar bahwa mudik tahun 2021 ini terpaksa harus dibatalkan. Lalu, langkah apa saja yang telah dipersiapkan pemerintah setempat?

Bali Siap Tolak Turis yang Nekat Mudik

Bali Tolak Turis yang Nekat Mudik
Instagram / @alfiyan.25

Mudik sudah menjadi tradisi yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri setiap tahunnya. Namun, situasi pandemi Covid-19 yang belum usai memaksa kita untuk mengalah dengan keadaan.

Pemerintah Bali pun menyadari bahwa provinsinya akan menjadi tempat banyak orang untuk singgah pada hari raya tersebut. Sebagai langkah antisipasi, berbagai bentuk keamanan akan ditingkatkan di sejumlah pintu masuk.

Mudik dilarang selama pandemi Covid-19 untuk semua orang, terutama pegawai negeri, karena mereka harus menjadi contoh bagi masyarakat. Titik masuk akan dijaga dengan tindakan yang lebih tinggi, terutama di bandara Ngurah Rai, pelabuhan Gilimanuk, dan lain-lain,” kata Sekretaris Satgas Covid-19 Bali, I Made Rentin.

Baca juga:

Bali Tolak Turis yang Nekat Mudik
Republika

Meski larangan mudik ini baru berlaku mulai 6 Mei 2021 secara nasional, namun Bali akan mulai memberlakukannya pada 9 Mei 2021 mendatang.

Larangan mudik mulai 9 Mei, jika orang berpergian dengan dokumen yang tidak lengkap, mereka akan disuruh kembali,” lanjut Rentin.

Selamat Tinggal Rencana Mudik 2021

Bali Tolak Turis yang Nekat Mudik

Beberapa hari lalu, Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam konferensi persnya menyebutkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Larangan ini mencuat setelah pemerintah berkaca pada lonjakan jumlah kasus Covid-19 pada hari libur sebelumnya.

Menurutnya, tindakan ini perlu dilakukan untuk mencegah hal yang sama terulang kembali. Ia juga mengharapkan larangan mudik ini akan berdampak baik pada proses vaksinasi yang kini masih berlangsung.

“Seluruh K/L akan persiapkan komunikasi publik yang baik soal peniadaan mudik ini. Terakhir dan yang paling penting, larangan mudik akan dimulai pada tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021,” kata Effendy.

_

Tabung dulu THR-nya buat mudik tahun depan, siapa tau udah boleh.

close

Bali Siap Suruh “Putbal” Turis yang Nekat Mudik

Search
close