Baguette Diajukan Prancis Untuk Masuk Daftar Kekayaan Budaya Unesco!

Baguette Diajukan Prancis Untuk Masuk Daftar Kekayaan Budaya Unesco!
access_time 3 bulan yang lalu

Baguette, roti ikonik dari Prancis disebutkan akan segera ‘bergabung’ dalam daftar kekayaan budaya UNESCO. Prancis menyebut bahwa pendaftaran itu bertujuan untuk melindungi tradisi, pengetahuan dan keterampilan agar tidak hilang ‘termakan waktu’.

Jadi roti ikonik, roti tersebut kerap kali kalah pamor dengan roti ‘kekinian’

Meski disebutkan Planetoscope ada 10 miliar baguette yang di konsumsi di Prancis setiap tahunnya, tidak menutup fakta bahwa ada 20.000 toko roti ‘baguette’ yang telah tutup sejak 1970.

Adapun penutupan tersebut disebabkan karena pembeli lebih memilih roti di supermarket yang lebih modern. Bahkan baguette yang diproduksi dengan metode tradisonal kerap kalah pamor.

Melansir Bisnis.com, para pembuat roti Prancis berharap dengan terdaftarnya baguette di UNESCO makan akan dapat melindungi seni yang sudah turun-temurun diwariskan. Selain itu juga akan melindungi dari penjiplak global.

Baguette Diajukan Prancis Untuk Masuk Daftar Kekayaan Budaya Unesco!
via Giffer

Gelar ini akan menghibur pembuat roti dan mendorong generasi berikutnya,” tutur Mickael Reydellet yang sudah memiliki delapan toko roti.

Para pembuat roti resah bila metode tradisional digantikan oleh baguette yang dibuat dengan mesin secara masal dan dijual di supermarket. Besar kekhawatiran bahwa seni baguette tradisional akan menghilang.

Tugas pertam yang kami minta dari seorang anak adalah pergi membeli baguette dari toko roti. Kami berhutang pada diri kami sendiri untuk melindungi kebiasan ini,” tutur Dominique Anract, presiden federasi pembuat roti.

Meski demikian baguette harus berhadapan dengan dua saingan utama mereka, yaitu atap berlapis seng di Paris dan festival anggur Biou d’Arbois.

Terkait kepastiannya, UNESCO sendiri baru akan mengumumkan keputusan tersebut pada akhir 2022

Jadi inget kalau orang Prancis sering menyebutnya sebagai roti ‘ketek’ karena biasa diletakan di sekitar sana oleh sebagian besar pembeli!

Jujur roti ini menurut gua enak karena memiliki tekstur yang cukup unik, dan biasanya sangat cocok dipadukan dengan bacon dan sayur selada!

close

Baguette Diajukan Prancis Untuk Masuk Daftar Kekayaan Budaya Unesco!

Search
close