Awas Hati-Hati, Ini Bagian Paling Jorok di Mobil Lo!

Awas Hati-Hati, Ini Bagian Paling Jorok di Mobil Lo!
access_time 1 bulan yang lalu

IDIH! Tau gak sih? Setir mobil adalah bagian paling jorok, mengandung paling banyak bakteri, di mobil Lo.

Menurut sebuah survei oleh CarRentals.com, setir mobil adalah komponen yang merupakan lokasi penyebaran bakteri. Hal ini karena bagian itu adalah yang paling sering bersentuhan dengan tangan.

Ya, kalau kita pikir-pikir, masuk akal juga sih. Kita biasa dari mana-mana, masuk mobil, pegang setir, suka gak kepikiran buat bersih-bersih. Sekalipun Lo rajin nge-vacuum interior mobil — menurut survei — setir adalah salah satu bagian yang paling sering terlupakan.

Di A.S., survei membuktikan…

Bagian paling jorok di mobil adalah setir
via Giphy

Survei tadi mengambil data dari 1000 pengendara di negeri paman Sam. Kemudian, mereka menemukan kalau 32 persen orang membersihkan mobilnya setahun sekali. Bahkan, paling jorok-nya, 12 persen orang gak pernah membersihkan mobilnya.

Gak kebayang para bakteri udah berpesta-pora kayak gimana…

Mengutip Readers Digest, rata-rata ada sekitar 700 jenis bakteri yang hidup di mobil pada umumnya.  Yang bahaya, kalau Lo hobi makan dalam mobil.

Sisa makanan ataupun minuman yang jatuh di dalam mobil bisa bikin tambah parah. Si bakteri jadi makin nyaman buat hinggap di situ.

Setir bagian paling jorok, ngalahin dudukan toilet umum?

Bagian paling jorok di mobil adalah setir
via Giphy

Masih dari survei CarRentals.com, mereka ngehitung ada berapa banyak bakteri yang berkoloni dalan setiap sentimeter persegi-nya. Dari situ, mereka menemukan adanya 629 bakteri yang membentuk koloni di setiap bidang satu sentimeter di setir mobil.

Kalau kita bandingin sama layar ponsel (100 CFU), dudukan toilet umum (172 CFU), bahkan tombol lift umum (313 CFU), setir mobil ini memang jadi juara paling jorok.

Untuk bagian lain di mobil, masalah jorok-jorokan, di posisi juara dua ada cup holder dengan 506 CFU tiap sentimeter perseegi. Kemudian, sabuk pengaman ada di posisi ketiga, lalu handle pintu ada di posisi keempat.

Walaupun tingkat bahaya dari bakteri-bakteri ini sifatnya relatif, tetep aja jalan terbaik adalah dengan pembersihan secara rutin. Penyemprotan dengan disinfektan juga bisa salah satu cara efektif yang bisa Lo lakuin. Jangan lupain bagian bagian penting kayak persneling, gagang pintu, tombol-tombol, dan kunci, ya!

Abis ngomongin yang jorok-jorok gini, ini tanda buat bersihin mobil Lo sekarang juga!

Baca juga:

close

Awas Hati-Hati, Ini Bagian Paling Jorok di Mobil Lo!

Search
close