5 Fakta Menarik Dunia Visual Art: Ternyata Sempat Dikompetisikan di Olimpiade!

access_time 9 bulan yang lalu

Jangan ngaku visual art enthusiast kalo belum tau fakta-fakta berikut!

Visual art punya peran esensial di dunia seni modern. Jika tradisionalnya seni ini hanya menggunakan medium lukis, kini seni tersebut juga merambah berbagai format lain, termasuk digital.

Nggak heran, seni visual pun hadir di berbagai gelaran, dan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari konser, club, bahkan Olimpiade!

Pengen tau lebih jauh? Cek fakta-fakta berikut!

Istilah “Visual Jockey” alias VJ sudah ada sejak era 70-an

(Foto: Pinterest)
(Foto: Pinterest)

Visual jockey ternyata sudah ada di era 70-an, tepatnya di skena club kota New York, Amerika Serikat. 

Prosesnya pun terbilang masih sangat sederhana; dengan merekam rangkaian kolase di kertas yang disinkronisasikan dengan ritme musik.

Visual art lekat dengan seni musik

Stage visual art (Foto: Candystations.com)
Stage visual art (Foto: Candystations.com)

Sejak kemunculannya di era 70-an, seni visual memang punya kaitan erat dengan dunia musik. Hal tersebut terjadi karena ketika era 70-an, eksperimen dan integrasi media audio dan visual terbilang cukup populer.

Pada akhirnya, seni visual punya peran penting pada multimedia performance dan menjangkau berbagai gelaran; dari pertunjukan seni, video musik, festival dan masih banyak lainnya.

Nggak melulu digital, visual art juga bisa dibuat secara analog

(Foto: Wikipedia)
(Foto: Wikipedia)

Dunia visual art lekat dengan visual jockey. Tak heran, banyak yang menduga bahwa seni tersebut adalah hasil kreasi digital saja.

Namun anggapan tersebut ternyata tidak benar. Visual artist Rimbawan Gerilya menyebut bahwa seni ini juga berlaku untuk karya analog.

Misalnya pake overhead projector dengan liquid. Wayang pun sebenarnya visual art,” tuturnya.

Kompetisi seni sempat jadi bagian dari Olimpiade

(Foto: Smithsonian.com)
(Foto: Smithsonian.com)

Olimpiade ternyata nggak melulu tentang olahraga. Pendiri gelaran Olimpiade modern, Baron Pierre de Coubertin, ternyata sempat menyertakan seni pada gelaran tersebut.

Berkat Baron Pierre de Coubertin, medali sempat diberikan pada pelaku seni musik, lukis, perupa, sastra dan arsitektur yang terinspirasi dari dunia olahraga pada tahun 1912 hingga 1948.

Lukisan Mona Lisa punya kotak pos sendiri

(Foto: Wikipedia)
(Foto: Wikipedia)

Mona Lisa punya banyak fans dari seluruh dunia. Saking banyaknya hingga lukisan tersebut punya kotak surat sendiri untuk menampung surat cinta, puisi dan bunga dari para pengagumnya.

Mau belajar lebih banyak tentang visual art? Stick around at USS Feed karena bakal ada materi masterclass bersama salah satu visual artist tanah air!

Source: bluethumb.com, wikipedia, treehugger.com

close

5 Fakta Menarik Dunia Visual Art: Ternyata Sempat Dikompetisikan di Olimpiade!

Search
close