3 Album BTS Sekaligus Masuk ‘IFPI Global Album Sales’, Kok Bisa?

BTS IFPI Winner
access_time 7 bulan yang lalu

Album BTSMAP OF THE SOUL : 7‘ jadi juara satu di ‘IFPI Global Album Sales Chart’ 2020. Setelah Michael Jackson, BTS jadi artist kedua yang berhasil menaruh tiga album sekaligus dalam daftar ini. Ketiga album tersebut adalah: ‘Map Of The Soul: 7’ (posisi 1), ‘BE’ (posisi 2), dan ‘Map Of The Soul: 7 ~ The Journey ~’ (posisi 8).

International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) merupakan organisasi yang merepresentasikan industri musik rekaman seluruh dunia.  Chart buatannya ini adalah urutan jumlah gabungan dari penjualan global album fisik maupun digital.

Album BTS menguasai global charts IFPI

Album BTS menguasai chart global IFPI
via Billbaord

Global Album Sales Chart ini hanyalah satu dari tiga chart yang ditempati oleh grup asal Korea Selatan itu. Sebelumnya, BTS dinobatkan sebagai ‘Global Recording Artists of 2020’. Selain itu, album BTS ‘Map Of The Soul: 7’ ini juga jadi nomor satu di ‘IFPI Global Album All Format Chart’ di samping album ‘BE’ yang menempati posisi 4 dalam daftar tersebut. Jadi, bisa dibilang kalau BTS menguasai global charts IFPI dengan kemunculan sebanyak enam kali.

Jungkook, V, Suga, Jin, RM, Jimin, dan J-Hope memang benar-benar unstoppable. Studio album BTS yang keempat ini menunjukkan penjualan yang luar biasa dari dalam maupun luar negara asalnya. Larisnya album ini memecah rekor penjualan di Korea karena sudah mencapai lima juta unit secara global.

Artist-artist di ‘IFPI Global Album Sales Chart’

IFPI Album Sales Chart
Screenshots from IFPI

Dalam daftar ini, musisi asal benua Asia mendominasi. Bagaimana tidak? Tujuh dari sepuluhnya adalah album dari artist Asia. Posisi ketiga diduduki oleh artist asal Jepang Kenshi Yonezu dengan albumnya ‘Stray Sheep’. Selanjutnya, album Blackpink ‘The Album’ menempati posisi kelima. Terakhir, album dari boy band asal Jepang Arashi dengan albumnya ‘This is Arashi’ yang menempati posisi sembilan dan rekan senegaranya King Gnu di posisi 10.

Kemudian, Taylor Swift, AC/DC, dan Justin Bieber juga muncul dalam daftar yang dirilis tanggal 11 Maret itu.

Kesuksesan BTS dalam global charts IFPI — termasuk dua teratas di chart ini — belum pernah terjadi sebelumnya dan menunjukkan performa global yang hebat dari mereka,” kata Frances Moore, CEO IFPI.

Sekali lagi kami mengucapkan selamat untuk band ini untuk tahun yang sukses.” tambahnya.

Baca juga:

close

3 Album BTS Sekaligus Masuk ‘IFPI Global Album Sales’, Kok Bisa?

Search
close