22 Mumi Mesir Pindah ke ‘Rumah’ Baru, Pakai Parade Megah!

Prosesi Pemindahan Mumi Mesir
access_time 6 bulan yang lalu

Prosesi megah pemindahan mumi mesir kuno sepanjang jalan Cairo

Mesir mengadakan parade megah untuk para bangsawan-nya Sabtu lalu. Tapi sayangnya, tamu kehormatan dalam prosesi ini sudah meninggal selama lebih dari 3.000 tahun lamanya.

Mengutip aljazeera, Sebanyak 22 mumi kerajaan mesir kuno di dalam peti mati secara resmi ‘pindah rumah’ dari Museum Mesir Tahrir Square ke National Museum of Egyptian Civilization (NMEC). ‘Rombongan’ ini berisi 18 raja dan 4 ratu yang berkuasa dari dinasti Mesir Kuno ke-17 sampai 20.

Setiap mumi raja dan ratu ini ‘menaiki’ kendaraan masing-masing dengan dekorasinya yang mewah. Selain itu, prosesi ini juga lengkap dengan iring-iringan motor, musik, lampu-lampu, kostum, dan kuda-kuda.

Pharaohs Golden Parade‘ ini berlangsung dari Sungai Nil, lewat kota islami pertama Mesir, Al-Fustat, di Old Cairo, sampai ke tujuan akhirnya di NMEC.

Kini, para mumi kehormatan pindah ke tempat yang lebih ‘beradab’

Mumi Mesir dipindahkan dengan diarak sepanjang jalan Cairo
(AP Photo)

Walaupun para mumi ini tadinya merupakan ‘penunjang industri pariwisata’, pada akhirnya, mereka tadinya juga manusia. Dan ‘pariwisata’ ini selalu menuai perdebatan mengenai apakah mumi mesir ini harus dikuburkan saja, daripada harus menjadi ‘display‘ untuk menarik turis.

Mereka adalah leluhur kami, tidak seharusnya kami memajangnya demi beberapa dolar dan euro.” kata Dr. Ahmad Karima, seorang profesor hukum islam di Al-Azhar University.

Parade pemindahan Mumi Mesir ke NMEC
via Reuters

Kami memilih Museum Civilization karena kami ingin, untuk pertama kalinya, menampilkan mumi dengan cara yang lebih ‘beradab’, berpendidikan, dan bukan sekedar untuk hiburan, seperti di Museum Mesir,” kata seorang arkeolog Mesir, Zahi Hawass.

Para arkeolog ini menemukan mumi-mumi dalam dua lokasi yang berbeda, yaitu di complex of mortuary temples di  Deir Al Bahari, Luxor dan di daerah sekitar Valley of the Kings sejak 1871.

Siapa saja di dalam peti-peti itu?

Pharaohs' Golden Parade in Egypt
Getty Images

Mumi yang tertua adalah Seqenenre Tao, seorang raja terakhir dinasti ke-17, yang dugaannya mengalami kematian yang mengenaskan. Selain itu, mumi yang pindah juga termasuk Ramses II, Seti I, dan Ahmose-Nefertari.

20 mumi berada di display dan dua mumi, Ratu Meritamun dan Ratu T,  berada dalam penyimpanan. Ini daftar 20 mumi Mesir lainnya:

Seqenenre, Ahmose Nefertari, Amenhotep I, Thutmose I, Thutmose II, Hatshepsut, Thutmose III, Amenhotep II, Thutmose IV, Amenhotep III, Seti I, Ramses II, Merenptah, Seti II, Siptah, Ramses III, Ramses IV, Ramses V, Ramses VI and Ramses IX.

Mereka adalah para pemimpin Mesir, mereka adalah para Pharaohs. Dan dengan begini, adalah cara menunjukan rasa hormat.” ujar Salina Ikram, Egyptiolog di American University di Cairo.

Baca juga:

close

22 Mumi Mesir Pindah ke ‘Rumah’ Baru, Pakai Parade Megah!

Search
close