Nike dan Perusahaan Raksasa Lain Gak Bayar Pajak Federal, Kok Bisa?

Nike and other American corporations avoid paying Federal Taxes
access_time 4 bulan yang lalu

Nike, beserta beberapa korporat raksasa Amerika lain kabarnya gak bayar pajak pendapatan federal selama tiga tahun terakhir.

Menurut temuan baru dari publikasi New York Timesraksasa pakaian olahraga itu termasuk di antara perusahaan yang menghindari pajak federal secara legal.

Cara Nike dan korporat raksasa lainnya menghindari pajak

How Wealthy Americans Use Tax Loopholes to Avoid Paying the IRS.
via Giphy

Penghindaran pajak secara legal itu bisa terjadi, karena tagihan pajak besar-besaran pada tahun 2017 yang menurunkan tarif pajak perusahaan dari 35 persen jadi 21 persen. Ini terjadi, tentunya saat AS di bawah pimpinan Donald Trump.

Kemudian, pengurangan tagihan pajak juga datang melalui berbagai pemotongan dan pengecualian hukum yang tertulis dalam kode pajak.

Nike dan perusahaan lain tidak membayar pajak federal
Some of the American corporations that avoid Federal Income Tax (via New York Post)

Celah hukum ini memungkinkan para korporat besar, seperti Nike, FedEx, dan Duke Energy untuk menghindari pembayaran pajak federal. Padahal, profit perusahaan apparel olahraga itu sendiri saja sudah mencapai US$4.1 miliar.

Selain itu, stimulus ekonomi senilai US$2.2 triliun yang bernama CARES Act dalam upaya membantu bisnis untuk bertahan dalam pandemi juga mereka manfaatkan. Ini mereka gunakan untuk mengimbangi kerugian di 2020 dengan keuntungan tahun-tahun sebelumnya, menurut Institute of Taxation and Economic Policy.

Senator Bernie Sanders ‘buka mulut’ di Twitter

Senator Vermont AS Bernie Sanders yang kemarin-kemarin ini sempat jadi meme populer angkat suara di Twitter tentang hal perpajakan ini.

Kalau kamu bayar US$120 buat sepasang Nike Air Force 1, kamu bayar lebih banyak ke mereka, dibanding mereka bayar pajak federal selama tiga tahun. Padahal, mereka punya profit US$4.1 miliar, dan foundernya, Phil Knight, jadi US$23 miliar lebih kaya,” cuitnya.

Ya, kita harus #TaxTheRich.” tutupnya dalam tweet yang sama untuk menekankan pengenaan pajak pada perusahaan-perusahaan ‘kaya’.

Baca juga:

close

Nike dan Perusahaan Raksasa Lain Gak Bayar Pajak Federal, Kok Bisa?

Search
close