Yahoo Answers Bakal Tutup Selamanya, Apa Alasannya?

Yahoo Answers bakal tutup permanen
access_time 4 bulan yang lalu

Sebuah situs yang berdiri sejak 15 tahun lalu, Yahoo Answers kabarnya bakal tutup selamanya. Penutupan ini akan mulai tanggal 20 April, di mana situs ini dalam mode read-only sampai tanggal 4 Mei saat situs resmi tutup.

Kemudian, situs Answers ini akan beralih ke homepage Yahoo dan sayangnya bakal ‘membuang’ data-data secara aman alih-alih mengarsipkannya. Kabar ini mereka umumkan lewat laman resminya.

Pengguna punya kesempatan untuk nge-back up data mereka

Yahoo Answers Shutting Down May 4
via Search Engine Journal

Bagaimanapun, para pengguna masih punya kesempatan untuk nge-download semua data Yahoo Answers mereka sampai tanggal 30 Juni nanti. Menurut halaman FAQ-nya, data download request ini bakal mencakup konten-konten  termasuk Question list, Questions, Answers list, Answer, dan semua gambar.

Data download request bisa memakan waktu hingga 30 hari untuk selesai. Dan juga, karena nantinya format informasi bakal berbentuk Notasi Objek JavaScript, pengguna membutuhkan aplikasi third-party ataupun situs tertentu untuk membaca datanya.

Walaupun tertulis di platform ini “Tempat terbaik di jaringan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari berbagai topik. Membuat komunitas global untuk berbagi pengetahuan,” akhirnya mereka harus memutuskan untuk tutup.

Sudah berdiri sejak 2005, ini alasan Yahoo Answers harus tutup

Yahoo Answers is shutting down
via TheNextWeb

Mengutip The Verge, sejak berdirinya di 2005, Yahoo Answers berkembang sebagai surga ladang meme. Tapi, kepraktisannya sebagai sebuah forum akhirnya memudar sejak kebangkitan situs lain seperti Reddit, Quora, dan platform lainnya.

Karena kepopulerannya yang kian menurun, Yahoo memutuskan untuk mengalihkan sumber daya yang mereka miliki. Selain itu, para pengguna juga sudah mulai meninggalkan situs ‘nongkrong’ dan tanya jawab itu beberapa tahun belakangan. Bahkan, gak sedikit yang benar-benar lupa dengan akunnya.

Kami telah memutuskan untuk mengalihkan sumber daya kami dari Yahoo Answers untuk fokus pada produk yang melayani pengguna kami dengan lebih baik dan memenuhi janji Yahoo untuk menyediakan konten terpercaya.” tulis surat elektronik yang mereka kirimkan pada para penggunanya.

Yahoo Is Killing Off Yahoo Answers
Meme pertanyaan dari versi Beta Yahoo Answers lebih dari 10 tahun lalu

R.I.P. “How is babby formed?

Baca juga:

 

close

Yahoo Answers Bakal Tutup Selamanya, Apa Alasannya?

Search
close