William Wongso Jadi Trending Topic Sejak Jadi Mentor Gordon Ramsay: Memang Apa Kompetensinya?

Source: TEMPO/Suryo Wibowo
access_time 1 tahun yang lalu

Siapa tau belom kenal, nih simak karir panjang William Wongso!

Sejak muncul sebagai mentor Gordon Ramsay di tayangan Gordon Ramsay: Uncharted,” nama William Wongso mencuat ke permukaan.

Di dunia kuliner tanah air, sosoknya mungkin tak perlu diperkenalkan lagi. Namun sayangnya hal tersebut tak berlaku untuk masyarakat umum yang awam di dunia masak.

Siapa William Wongso sebenarnya

Lahir di Malang, 12 April 1947, dengan nama William Wirjaatmadja Wongso, pria ini dikenal sebagai koki sekaligus konsultan di bidang gastronomi.

Hingga kini, William Wongso sudah berkarir selama enam dekade. Sejumlah penghargaan bergengsi di bidang juga sempat ia raih.

Salah satunya adalah Medali Kehormatan (Medaille d’Honneur) dari Academie du Pain Indonesia di Paris, Sabtu (3/2/2018). Saat mendapat penghargaan tersebut, William menjadi satu-satunya orang Indonesia anggota Elite de la Boulangerie International.

Source: Kompas

Perlu diketahui pula, Elite de la Boulangerie International adalah klub kuliner bergengsi di dunia. Klub ini merupakan kumpulan para pembuat roti terbaik di seluruh dunia yang saat ini anggotanya hanya berjumlah 33 anggota.

Untuk kuliner tanah air, William Wongso sempat menulis buku “Flavours of Indonesia” pada tahun 2016 lalu. Buku tersebut berhasil menuai respon positif, bahkan memenangi penghargaan bergengsi internasional “Best Cookbook of the Year” pada ajang kompetisi ke-22 Gourmand World Cookbook Awards, yang berlangsung di Yantai, China, Juni 2017.

Flavors of Indonesia: William Wongso's Culinary Wonders: Wongso ...

Source: Amazon

Netizen masih pertanyakan kompetensi William Wongso

Meski punya jam terbang tinggi, pemilihan William Wongso sebagai mentor Gordon Ramsay masih saja menuai polemik.

Sebagai pria kelahiran Malang, pria yang kini berusia 73 tahun tersebut dinilai bukan pilihan yang tepat untuk menjadi mentor hindangan Sumatera Barat.

Saya tidak tahu bahwa master rendang adalah William Wongso. Di mana koki Sumatera Barat asli yang benar-benar membuat rendang? Dari mana asal rendang? Di mana mereka? Tidak ada lagi koki dari Minang? Apa yang terjadi?” cuit salah satu pengguna Twitter dengan nama pengguna @MPribumi pada Sabtu, 27 Juni 2020.

Pendapat senada juga dilayangkan oleh netizen Twitter lain dengan nama pengguna @AmirahWahdi yang menilai bahwa mentor untuk memasak rendang sebaiknya dari warga asli Sumatera barat saja.

Meski begitu, tak sedikit juga warganet yang menujukkan dukungannya terhadap William Wongso.

Menurut lo William Wongso cocok nggak jadi mentor Gordon Ramsay untuk bikin rendang? Tell us what you think in the comments below!

close

William Wongso Jadi Trending Topic Sejak Jadi Mentor Gordon Ramsay: Memang Apa Kompetensinya?

Search
close