close

Gordon Ramsay akan Masukkan Rendang Ke Menu Restorannya di London

Gordon Ramsay akan Masukkan Rendang Ke Menu Restorannya
By Kevin Andreas
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Gordon Ramsay juga pamerkan menu kreasi barunya yang terinspirasi dari Rendang

Petualangan Gordon Ramsay ke Sumatera Barat dalam tayangan “Gordon Ramsay: Uncharted” akhirnya mengudara di channel National Geographic.

Di kesempatan tersebut, Gordon berkesempatan untuk mempelajari budaya setempat. Tapi lebih dari itu, sebagai chef, ia juga juga menyempatkan diri untuk mencicipi dan mempelajari kekayaan kuliner daerah tersebut: mulai dari mencicipi durian, memerah sapi, mencari ikan, mengunjungi pasar tradisional dan tentunya memasak masakan asli Sumatera Barat.

Gordon Ramsay: Uncharted Sumatera Barat Besok Tayang, Ini Cerita ...

Source: Kompas

Gordon Ramsay kagumi hidangan (dan budaya tradisional) Indonesia

Salah satu keistimewaan hidangan Indonesia, menurut Gordon, adalah bagaimana makanan-makanan tradisional Indonesia bisa begitu kaya dan bervariasi. Rendang sapi sendiri bahkan punya lebih dari 200 variasi yang berbeda.

Kita tidak punya itu di Inggris. Kita punya Lancashire hotpot di sisi utara Inggris, tapi kita bahkan tidak punya 20 versi dari hidangan tersebut,” tutur Gordon.

Kekaguman Gordon bukan cuma diungkapkan untuk rendang, tapi juga hidangan lain. Salah satunya kue Bika. Ia kagum dengan teknik pembuatan Bika yang menggunakan pot tanah liat yang menjaga cita rasa Bika tetap kaya.

Kegiatan mengunjungi pasar juga jadi kegiatan yang ia nikmati.

Apakah kami melihat pasar setempat ini? Ini luar biasa; ramai dan sibuk. Dan cara mereka menjaga kesegaran sayuran untuk dijual; menjadikan bahan baku tersebut sebagai bahan baku impian semua koki.”

Rendang jadi menu baru restoran Gordon Ramsay

Dalam petualangannya di Sumatera Barat, lo bisa melihat Gordon Ramsay berguru dengan Wiliam Wongso untuk membuat rendang. Ia juga menyajikan hidangan tersebut ke gubernur Sumatera Barat.

Pengalaman bertualang dan memasak hidangan Asia mendorongnya untuk menghadirkan menu-menu tersebut ke restorannya.

Aku bukan koki Indonesia, tapi aku pasti akan membuat rendang sapi di restoran ku di London tanpa ragu, karena aku telah memahami esensi penting dari hidangan tersebut.”

Menu paling laku di restoran kami di (Terminal 5 bandara Heathrow) London adalah kari ayam mentega yang aku pelajari dari India, tempat kelahiran menu tersebut. Jadi aku tidak sabar untuk memasukkan rendang sapi (ke menu); Aku tidak sabar untuk segera melakukannya.”

Gordon Ramsay bikin omelette, dengan bumbu rendang

Tak cuma memasukkan rendang ke menu restorannya, Gordon Ramsay ternyata juga membuat menu baru yang terinspirasi dari hidangan tersebut, yakni omelette bumbu rendang.

Beda dengan omelette versi biasanya, hidangan tersebut Gordon buat dengan rempah khas Indonesia, dengan campuran bawang merah, bawang putih, sedikit jahe dan cabai merah.

Ia juga melumurkan omelette tersebut dengan bumbu rendang. Resep lengkap menu tersebut pun kini sudah diunggah ke kanal YouTube pribadinya.

Ini cantik. Rasanya, enak, kaya, pedas dan otentik.” tukasnya.

close

Gordon Ramsay akan Masukkan Rendang Ke Menu Restorannya di London