Veddriq Leonardo Raih Juara Dunia Panjat Tebing!

access_time 4 bulan yang lalu

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo kembali mengharumkan nama baik negara atas prestasi yang diraihnya. Ia berhasil menjadi juara dunia pada ajang IFSC World Cup 2021 usai mengalahkan lawannya dari Rusia.

Sebelumnya, pemuda asal Kalimantan ini juga menarik perhatian karena berhasil memecahkan rekor dunia sebagai panjat tebing tercepat dengan waktu 5,208 detik. Seperti apa keseruan pertandingan yang dijalaninya?

Veddriq Leonardo Kalahkan Atlet Russia di IFSC World Cup 2021

Pada laga final di ajang IFSC World Cup 2021, Veddriq Leonardo dipertemukan dengan atlet panjat tebing asal Rusia, Dmitrii Timofeev. Meski mendapat sengatan hawa dingin di Swiss, Veddriq mampu memberikan penampilan terbaiknya.

Pemuda Indonesia ini berhasil memanjat tebing sepanjang 15 meter hanya dengan menempuh waktu 5,32 detik. Capaian ini hanya berjarak 0,121 detik dari rekor dunia yang ia ciptakan sebelumnya.

Read more:

Best Speed Climbing GIFs | Gfycat

Ketika pertandingan dimulai, Veddriq terlihat sangat tangkas dan cepat layaknya orang berlari di tanah yang datar. Ia mampu melesat dengan cepat dan menekan tombol finish di puncak tebing.

Keunggulannya juga sudah dipastikan ketika Dmitrii Timofeev sempat terpeleset di sepertiga pijakan awal. Veddriq Leonardo langsung melaju kencang meninggalkannya dan menjadi juara dunia.

Teriakan dari mulutnya sampai tak dapat dibungkam untuk menunjukkan kegembiraannya dapat memenangkan kejuaraan internasional tersebut dan mengharumkan nama Indonesia.

Veddriq Catatkan Rekor Dunia

Veddriq Leonardo

Seperti yang sudah dikatakan di atas, sebelumnya Veddriq juga sempat membanggakan nama Indonesia berkat rekor dunia baru yang diciptakannya. Aksi itu terjadi di IFSC World Cup 2021 di Salt Lake City, Amerika Serikat (29/5).

Pada saat itu ia bertemu dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin yang lebih dulu menciptakan rekor dunia. Veddriq berhasil unggul tipis di atas Kiromal dengan catatan waktu 5,208 detik.

Kami dari awal tidak menargetkan kemenangan ketika berangkat ke sini. Tetapi kami menargetkan memecahkan rekor. Dan kami bisa mewujudkannya. Saya sangat senang,” kata Veddriq.

_

Congratulations, Veddriq!

close

Veddriq Leonardo Raih Juara Dunia Panjat Tebing!

Search
close