Valentino Rossi Pensiun, Tutup 25 Tahun Karier Balap Motor

Valentino Rossi
access_time 2 bulan yang lalu

Juara dunia sembilan kali World Championship Valentino Rossi mengumumkan kalau ia akan pensiun akhir musim ini.

Hal tersebut Rossi sampaikan dalam konferensi pers jelang Grand Prix (GP) Styria. Sang legenda memutuskan untuk pensiun setelah 25 tahun berkarier di dunia balap motor.

Dalam pengumumannya pembalap ‘The Doctor‘ itu mengatakan kalau ini adalah ‘momen yang sangat menyedihkan’.

Legenda Balap Motor Valentino Rossi Memutuskan Pensiun

Valentino Rossi
via Vroom Magazine

Valentino Rossi, yang karier Grand Prix-nya bertahan selama 25 tahun, adalah satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan World Championship di 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Belakangan ini, masa depan pembalap 42 tahun itu selalu menjadi tanda tanya. Rumor tentang pensiun hingga pindah tim di musim depan pun beredar. Akhirnya, keputusannya pun kini sudah ia buat.

Aku memutuskan untuk berhenti akhir musim nanti,” kata pembalap bernomor 46 itu.

Sayangnya ini akan jadi setengah musim terakhir sebagai pembalap MotoGP. Ini sulit dan merupakan momen yang menyedihkan karena aku tidak tahu tahun depan akan balapan motor lagi atau tidak.” lanjutnya.

Walaupun begitu, katanya, tahun depan hidupnya akan berubah dan ia sangat menikmatinya. Menurutnya, dunia balapan yang ia jalani selama hampir 30 tahun itu adalah perjalanan panjang yang sangat menyenangkan.

Perjalanan Rossi Merengkuh Titel Juara Dunia Sembilan Kali

Valentino Rossi
Rossi won his first world championship 125cc, 1997 (Getty Images)

Debut balapan Grand Prix Valentino Rossi pada tahun 1996 di kelas 125cc berujung pada kemenangannya tahun 1997. Kemudian, itu membawanya pada kelas 250cc tahun selanjutnya hingga mendapat titel juara dunianya pada 1999.

Saat tampil di kelas utama MotoGP, ia meraih tujuh gelar juara dunia bersama dua tim berbeda, yaitu Honda dan Yamaha.

Bersama Honda, Valentino Rossi menjadi juara dunia tiga kali berturut-turut pada 2001, 2002, 2003.  Hingga pada tahun 2004, ia lalu bergabung bersama Yamaha.

Valentino Rossi
Rossi winning his ninth MotoGP World Championship, Malaysia, 2009 (Getty Images)

Kejayaan pembalap asal Italia itu pun berlanjut dan Rossi merengkuh juara dunia pada 2004, 2005, 2008, dan 2009. Seiring berjalannya waktu, kejayaan ini kian memudar dengan usia yang semakin bertambah.

So long, legend! 🔥

Baca juga:

close

Valentino Rossi Pensiun, Tutup 25 Tahun Karier Balap Motor

Search
close