close

Valentine Jadi Hari ‘Kasih Sayang’, Ini Alasannya!

By Stanley Joewono
access_time 7 bulan yang lalu Comments

Jakarta, USS Feed – 14 Febuari sudah sangat identik Valentine atau dikenal dengan ‘hari kasih sayang’, baik di Amerika Serikat maupun diseluruh dunia. Meskipun ada pro dan kontra mengenai hari tersebut di Indonesia, sebagian besar orang pasti ikut merayakannya.

Dari dulu sampai sekarang, permen, bunga dan coklat merupakan beberapa ‘item’ yang sering digunakan untuk menunjukan kasih sayang baik kepada orang tua, teman, pasangan maupun setiap orang yang disayang.

Baca disini : Valentine Ternyata Dulunya ‘SEREM’

Kali ini USS Feed berbagi, kenapa akhirnya tanggal 14 itu bisa menjadi Valentine atau hari kasih sayang, lets roll!

Kenapa Valentine? Siapa sih St.Valentine?

Sejarah dari hari Valentine ternyata berakaitan erat dengan cerita seorang ‘suci’, dan ternyata erat kaitannya dengan tradisi Kristen dan Romawi. Dulunya bulan Febuari juga merupakan bulan penuh kasih sayang dan hari St. Valentine.

Tapi siapa sih St. Valentine?

Gereja Katolik setidak mengenal 3 orang suci dengan nama Valentine atau Valentinus,¬†dimana mereka semua adalah martir (disiksa karena kepercayaannya). Legenda lain juga menjelaskan bahwa Valentine adalah seorang iman yang melakukan ‘pelayanan’ pada abad ketiga di Roma. Saat itu Kaisar Claudius II beranggapan bahwa prajurit lajang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan para prajurit yang sudah beristri dan berkeluarga, oleh karena itu dia melarang pernikahan bagi para pria muda.

Image result for st valentine
Image Source : www.catholic.org

 

Saat itu Valentine merasa hal tersebut sangatlah tidak adil, dan dia melakukan tindakan yang menentang Claudius. Valentine secara rahasia menikahkan pasangan muda, dan ternyata tindakannya diketahui oleh Claudius. Kemudian Claudius memerintahkan untuk mengakhiri nyawa Valentine. Meskipun demikian, ada juga cerita yang percaya bahwa Valentine yang dimaksud adalah Santo Valentine dari Terni, seorang uskup yang juga dipenggal oleh Claudius II.

Image result for claudius ii
Image Source : www.britannica.com

Cerita lain juga menjelaskan bahwa Valentine mungkin dibunuh karena mencoba membantu umat Kristiani kabur dari penjara Roma, dimana mereka seringkali disiksa dan dipukul. Menurut sebuah cerita, salah satu narapidana bernama Valentine adalah orang pertama yang mengirimkan ucapan ‘valentine‘ kepada wanita yang dia cintai (mungkin putri sipir).

Sebelum akhir hidupnya, dia menulisakan surat dengan kalima ‘From Your Valentine’. Ekspresi tersebut sampai sekarang masih sering digunakan untuk mengungkapkan kemesraan.

Jadi awalnya Valentine itu ada hari peringatan bagi St.Valentine, dan kemudian berkembang menjadi hari kasih sayang.

Baca di sini : Hari Valentine Nanti, Tukarkan Foto Mantan dengan Whopper Burger King!

Meskipun kebenaran cerita diatas belum bisa dijamin 100% akurat, akan tetapi cerita tersebut menunjukan sebuah kekuatan ‘cinta’. Untuk para pria dan wanita single diluar sana ingatlah bahwa hari kasih sayang bisa kalian habiskan bukan hanya dengan gebetan, tapi mungkin orang tua.

Source : history.com

close

Valentine Jadi Hari ‘Kasih Sayang’, Ini Alasannya!