Urus dan Perpanjang SIM Online Lewat Aplikasi Sinar, Begini Caranya!

SIM Online
access_time 4 bulan yang lalu

Sekarang, kita bisa urus dan perpanjang SIM secara online lewat aplikasi resmi Sinar (SIM Presisi Nasional). Aplikasi yang bisa memudahkan orang-orang yang mau mengurus perpanjangan ataupun bikin SIM baru, cuma lewat ponsel.

Resmi berlaku hari ini, 12 April 2021, Sinar bisa kita pakai untuk mengurus keperluan SIM A (mobil) dan C (motor). Tapi, tentunya bagi yang baru mau bikin SIM, sesudah mengikuti ujian teori dan psikologis di aplikasi, harus ikut uji praktik di Satpas, ya!

Aplikasi Sinar, urus SIM pakai ujung jari

Urus SIM Online lewat aplikasi Sinar
via TheBroadGuide

Mengutip dari postingan Instagram @jktinfo, begini langkah-langkah mengurus SIM online lewat aplikasi Sinar:

1) Download aplikasi, 2) Verifikasi No. HP (OTP), 3) Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie), 4) Verifikasi NIK dan SIM, 5) Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas, 6) Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi, 7) Isi rekening pengembalian (pembatalan), 8) Pilih metode pengiriman, 9) Upload pas foto dan tanda tangan, 10) Pembayaran PNBP dan biaya kirim, 11) Cetak SIM, 12) Pengiriman, 13) SIM diterima pemohon.

Selanjutnya, pembayaran dapat kita lakukan juga secara mudah dan cashless. Melansir Detik, metode pembayaran perpanjangan SIM bisa melalui ARM, M-Banking, atau Internet Banking menggunakan virtual account. Tapi demikian, Korlantas juga berupaya untuk terus memperluas metode pembayaran.

Bikin SIM online, uji praktik tetap secara langsung

Mrs Puff and Spongebob
via Giphy/Nickelodeon

Adanya sistem baru ini mempermudah orang-orang dalam pengurusan SIM, terutama perpanjangan. Karena, seluruh prosesnya bisa kita lalui secara online sepenuhnya.

Tapi, lain halnya bagi orang-orang yang baru membuat SIM Online. Mereka tetap harus mengikuti ujian praktik. Pasalnya, sejauh ini ujian praktik memang tidak (mungkin belum) bisa diadakan secara online. Mungkin di masa depan bakal bisa, entah bagaimana caranya.

Hal ini karena uji praktik adalah syarat yang penting untuk mengetes kemampuan mengemudi orang yang ingin bikin SIM. Di Satpas, mobil maupun motor untuk ujian sudah mereka sediakan.

Walaupun begitu, sebagian besar pengurusan untuk membuat SIM baru dilakukan lewat aplikasi Sinar.

Baca juga:

 

close

Urus dan Perpanjang SIM Online Lewat Aplikasi Sinar, Begini Caranya!

Search
close