Beberapa Game PlayStation Bakal Ada Versi Mobile, Begini Faktanya!

PlayStation 5 Console
access_time 3 bulan yang lalu

Sony sepertinya berencana buat membawa beberapa game PlayStation ke dunia mobile gaming, berdasarkan lowongan kerja yang mereka buat.

Lowongan kerja ini, yang mereka bagikan lewat forum di ResetEra adalah lowongan posisi Head of Mobile di PlayStation Studios. Jobdesc dalam halaman itu menyebut kalau mereka mencari seseorang untuk “memiliki dan mengembangkan strategi mobile games” untuk studio mereka.

Lowongan kerja Head of Mobile di PlayStation Studio

PlayStation buka lowongan kerja
via Giphy

Selain mengembangkan, dalam deskripsi itu mereka juga bilang bahwa Head of Mobile bakal memimpin semua aspek dari perluasan game development. Dan juga, secara spesifik mereka menyebutkan “dengan fokus mengadaptasi franchise paling populer di PlayStation untuk mobile.”

Mereka menyebutkan itu setelah bilang secara umum bahwa yang akan mereka rekrut ini bertanggung jawab atas “semua aspek perkembangan game dari konsol dan PC ke mobile dan layanan live.

Kelihatannya, melansir TechRadar, Sony juga berpikir jangka panjang untuk mobile game ini. Pasalnya, mereka butuh orang untuk ngembangin mobile product roadmap untuk jangka 3-5 tahun. Walaupun mereka juga bilang kalau pekerjaan ini mesti nge-manage dasar yang Sony udah buat dan mengembangkannya.

Ini bukan upaya Sony yang pertama kalinya

PlayStation Mobile
PlayStation Mobile (via Techinasia)

Untuk menghadirkan game konsol ke smartphone bukanlah hal baru bagi Sony. Sebelumnya, kalau kita ingat di tahun 2012 mereka mengumumkan PlayStation Mobile. Katanya waktu itu, mereka bermaksud menawarkan:

titik masuk yang menarik ke dunia PS kepada semua pemilik smartphone atau tablet bersertifikasi PlayStation. Serta memberi para gamer PS Vita kesempatan untuk memperluas koleksinya dengan sejumlah judul yang inovatif dan terjangkau.

Sayangnya, upaya tersebut harus kandas tiga tahun setelahnya, yaitu di 2015. Makanya, kini mereka lagi mencoba lagi upaya ini. Tapi yang jadi pertanyaannya, kenapa sekarang? dan apakah ini waktu yang tepat?

Maraknya adaptasi game konsol ataupun PC ke mobile

Arena of Valor - mobile gaming
Mobile gaming illustration by Tech in Asia

Melihat dari upaya sebelumnya yang mungkin ‘setengah jalan’, kayaknya ini bukan waktu terburuk untuk mereka lanjut bikin mobile game dari franchise-franchise mereka yang terkenal.

Apalagi, mengingat beberapa game yang paling populer sekarang, misalnya ‘Call of Duty’ atau ‘PUBG Mobile‘ itu adalah adaptasi dari permainan konsol maupun PC yang sudah ada.

Kira-kira bakal jadi kapan, ya?

Baca juga:

close

Beberapa Game PlayStation Bakal Ada Versi Mobile, Begini Faktanya!

Search
close