Untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah Manusia, NASA Berhasil “Sentuh” Matahari!

Untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah Manusia, NASA Berhasil "Sentuh" Matahari!
access_time 1 bulan yang lalu

NASA berhasil menjelajah atmosfer matahari

Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, pesawat ruang angkasa NASA berhasil menyentuh matahari.

Pesawat tersebut bernama Parker Solar Probe dan berhasil terbang melalui atmosfer bagian atas matahari dan mengambil sampel partikel dan medan magnet disana.

Para ilmuwan mengatakan butuh beberapa bulan untuk mendapatkan data kembali dan kemudian beberapa bulan lagi untuk mengkonfirmasi perjalanan tersebut.

Baca juga: Riset: Investasi di LEGO Lebih Menguntungkan Daripada Investasi Emas

NASA cetak sejarah umat manusia

Pencapaian ini diraih pada tanggal 14 Desember 2021 lalu.

Di laman science.nasa.gov, NASA menyebut bahwa pencapaian Parker Solar Probe adalah pesawat luar angkasa yang paling dekat dengan matahari dibanding misi manapun dalam sejarah.

Parker Solar Probe ‘menyentuh Matahari’ adalah momen monumental untuk ilmu surya dan prestasi yang benar-benar luar biasa,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA.

Matahari
(Foto: NASA)
Baca juga: Kebanyakan Duit: Miliarder Ini Berniat ke Luar Angkasa untuk Main Pokemon Go

Pelajari evolusi matahari

Perlu diketahui pula Parker Solar Probe diluncurkan pada tahun 2018.

Sejak saat itu, pesawat tersebut telah mengorbit matahari dan berputar semakin dekat ke permukaan bintang tersebut pada setiap lintasan.

Supaya aman, pesawat tersebut dilengkapi dengan pelindung panas karbon-komposit mampu menjaga instrumen di dalamnya dari suhu panas hingga 1.370 derajat Celcius.

Thomas pun mengungkapkan bahwa kesuksesan misi ini adalah tonggak sejarah yang tidak hanya memberi wawasan pada manusia dan dampaknya terhadap tata surya, namun juga tentang bintang-bintang di alam semesta lainnya.

Pengumuman itu dibuat pada Pertemuan Musim Gugur American Geophysical Union 2021 di New Orleans dan penelitian dari tonggak matahari telah diterbitkan dalam Physical Review Letters.

Your thoughts? Let us know in the comments below!

close

Untuk Pertama Kalinya Dalam Sejarah Manusia, NASA Berhasil “Sentuh” Matahari!

Search
close