close

Tulus Mengajak Kita “Adaptasi” Lewat Single Terbarunya

By Billy Dewanda
access_time 2 bulan yang lalu Comments

Satu lagi musisi tanah air yang berhasil menunjukan produktivitasnya selama di rumah dengan menciptakan karya baru. Kali ini, Tulus telah berhasil merilisĀ singleĀ terbarunya berjudul “Adaptasi” di tengah pandemi ini.

Mengingat situasi yang sedang mengkhawatirkan, lagu ini berhasil mengindahkan hari-hari di masa karantina untuk turut masuk ke dalam setiap liriknya. Hal ini karena “Adaptasi” berhasil mengangkat isu yang sedang kita alami sekarang yang diminta bersiap memasukiĀ the new normal.

Lewat lagu ini, Tulus mengajak semua orang untuk bisa beradaptasi sejenak dengan keadaan saat ini. Tidak hanya itu, proses adaptasi ini diharapkan menjadi momentum tepat untuk saling mengenal diri sendiri dan orang terdekat di dalam rumah.

Seperti yang Tulus sebutkan dalam liriknya:

Semakin banyak waktu tuk bicara / Semakin kupaham harapmu apa / Semakin banyak waktu tuk bersama / Bersyukur kau utuh jiwa raga

Adaptasi by Tulus on Spotify
via Spotify

Lewat lagu ini, Tulus menggambarkan betapa semakin dalamnya masing-masing pribadi saling mengenal satu sama lain. Sehingga setiap harapan yang dipanjatkan dalam doa dapat disyukuri untuk hari selanjutnya.

Menurut gue, lirik yang paling menyentuh saat Tulus menyebutkan:

Semakin banyak waktu bersamamu / Semakin mahir ku menata rindu / Semakin banyak waktu di dekatmu / Semakin kupaham apa doamu

Biografi - TULUS
via Situs Tulus

Lewat lirik ini, gue mendapat pesan bahwa kita tidak pernah tahu apa isi doa orang-orang terdekat kita. Namun, lewat adaptasi, semua proses itu menjadikan kita semakin mengerti apa yang ada di dalam doa.

Uniknya, lagu ini berhasil dikemas dengan gaya khas Tulus yang membawa nuansa cinta di dalam setiap karyanya. Tapi jika dilihat lirik demi lirik, situasi adaptasi dengan pandemi ini lah yang sebenarnya ingin digambarkan Tulus kepada para pendengarnya.

Bersama Petra Sihombing sebagai produser dan pengisi aransemen musik, “Adaptasi” berhasil terbit ke permukaan industri musik tanah air tepat di hari pertama Lebaran, Minggu, 24 Mei 2020.

Dengarkan lagu “Adaptasi” dari Tulus di bawah ini.

close

Tulus Mengajak Kita “Adaptasi” Lewat Single Terbarunya