Tsunami Es Hantam Pesisir Pantai Rusia!

access_time 1 bulan yang lalu

Kota Khabarovsk, wilayah Timur Rusia baru saja dihantam sebuah tsunami es. Hal ini disebabkan wilayah tersebut yang sudah memasuki musim semi, sehingga sungai Amur yang awalnya beku mulai mencair.

Kejadian ini diketahui melalui sebuah video amatir yang memperlihatkan bongkahan es menerjang pantai dan berhasil merobohkan penghalang besi. Seperti apa kejadian ini?

Tsunami Es di Rusia Tidak Memakan Korban

Jujur, kejadian ini menjadi sesuatu hal yang baru bagi gue. Untuk pertama kalinya gue melihat tsunami es menerjang daratan dengan bongkahan-bongkahan besar yang sampai menghancurkan besi.

Beruntungnya tidak ada korban yang terluka akibat kejadian ini. Justru bongkahan es yang menerobos masuk ke daratan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga setempat.

Read more:

Tsunami Es
Bryan McDonalds / Twitter

Melihat kejadian tersebut, Kementerian Rusia dengan sigap menangani situasi darurat ini dengan mengirimkan satgas ke lokasi kejadian. Rupanya pemerintahan setempat mengatakan kalau tsunami es ini bisa setahun sekali terhadi di Sungai Amur.

Sampai artikel ini ditulis, belum ada keterangan lebih lanjut terkait kejadian fenomena alam di Rusia ini. Namun, video amatir yang viral itu bertepatan dengan peringatan Hari Bumi – membuat manusia seketika tertampar atas kejadian ini.

Bagaimana Tsunami Es Ini Terjadi?

Tsunami Es
Hipwee

Kejadian tsunami es ini diyakini berasal dari hulu sungai Amur. FYI, sungai ini membatasi Rusia Timur Jauh dengan Timur Laut Tiongkok.

Fenomena alam ini terjadi setiap musim semi yang disebabkan karena suhu naik dan lapisan sungai yang beku menjadi cair. Perubahan wujud dari padat ke cair ini menciptakan kekuatan fluvial yang besar, sehingga dapat mendorong bongkahan es tersebut dapat mencapai daratan.

Dorongan tersebut sangat kuat, bahkan sampai dapat menyebabkan kerusakan di pesisir pantai dan menghancurkan pagar besi penghalang.

_

Siapa yang udah pernah liat fenomena alam ini sebelumnya?

close

Tsunami Es Hantam Pesisir Pantai Rusia!

Search
close