Transfer Bank Bisa Pakai Nomor HP dan Email!

Transfer Bank Bisa Pakai Nomor HP dan Email!
access_time 3 minggu yang lalu

Transfer bank disebutkan Bank Indonesia kini sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan nomor handphone dan alamat email.

Lewat sistem BI Fast, transfer dana tidak perlu lagi menggunakan nomor rekening seperti saat ini.

Transfer bank bisa pakai nomor HP dan email, begini syaratnya

Ini akan otomatis terkoneksi ke nomor rekening. Jadi tidak perlu lagi mengingat nomor rekening. Pakai nomor handphone saja,” tutur Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendrata, Rabu (3 November).

Kendat demiikian, Fili mengingatkan masyarakat untuk terlebih dahulu mendaftarkan alamat handphone maupun email ke bank sebelum bertransaksi.

Transfer Bank Bisa Pakai Nomor HP dan Email!

Pasalnya, jika tidak, maka nomor hp dan email tidak bisa difungsikan untuk transfer dana.

Kalau tidak terdaftar, tidak bisa masuk. Jadi nanti pada saat ada teman yang mau transfer, tinggal disebutkan nomor handphonenya,” imbuh.

Nasabah kerap lupa nomor rekening

Fili menyebut fitur baru ini merupakan pembaharuan dari sejumlah proxy yang ada dalam sistem pembayaran di BI, terutama pada aktivitas transfer dana.

Seperti diketahui, sebelumnya transfer dana hanya bisa dilakukan dengan menggunakan nomor rekening sebagai tujuan transfer.

Forgot GIFs - Get the best gif on GIFER

Perbaruan itu diharap dapat memberikan kemudahan transaksi bagi nasabah. Pasalnya tidak sedikit nasabah yang lupa nomor rekening yang hendak ditransfer dan memperlambat proses transfer.

Bahkan sering kali kita lupa PIN. Jadi BI Fast menyediakan pilihan sesuai kebutuhannya,” tuturnya.

Sistem pembayaran BI Fast beroperasi Desember 2021

Untuk diketahui, BI Fast rencanaya akan mulai berlaku pada Desember 2021. Saat ini sudah ada 22 bank yang tergabung di dalamnya.

Transfer Online Bisa Hanya dengan Nomor HP, BI-FAST Siap Dipakai Bank dan  LKNB

Bukan hanya bisa menikmati fitur yang lebih mudah dalam transfer dana, para nasabah nantinya juga bisa mendapat biaya transfer yang lebih murah, yaitu IDR 2.500/transaksi.

Top image via KataData

Asik, makin praktis!

close

Transfer Bank Bisa Pakai Nomor HP dan Email!

Search
close