close

TikTok Siapkan Uang Rp 2,9 Triliun untuk “Gaji” Para Content Creator

TikTok Siapkan Uang Rp 2,9 Triliun untuk Bayar Kreator Konten
By Kevin Andreas
access_time 2 bulan yang lalu Comments

TikTok bakal jadi sumber penghasilan baru buat para content creator

Di tengah kepopulerannya, aplikasi TikTok ternyata tengah menyiapkan rencana untuk para kreator kontennya bisa mendapatkan penghasilan, sekaligus untuk menarik talenta baru.

Program tersebut bernama TikTok Creator Fund, dan kini TikTok pun sudah menyiapkan dana sebesar USD 200 juta (Rp 2,9 triliun) untuk program tersebut.

Dana itu ditujukan untuk mendukung para konten kreator yang mencari pemasukan lewat aplikasi TikTok,” kata juru bicara TikTok dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: YouTube Siapkan Kompetitor TikTok

TikTok Creator Fund, cara TikTok “Gaji” para content creator

Dilansir dari The Verge, antinya, content creator akan menerima dana tersebut setiap tahunnya dan kemungkinan nilainya dapat bertambah secara berkala lewat program TikTok Creator Fund.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para content creator. Misalnya, berusia 18 tahun ke atas dan rutin mengunggah konten video yang sesuai dengan pedoman komunitas TikTok.

Selain itu, jumlah followers juga disebut sebagai salah satu syarat yang akan menjadi pertimbangan, tapi angka pengikut yang mesti dicapai tidak dirinci.

Ini pertama kalinya TikTok akan membayar para content creator-nya secara langsung untuk konten yang mereka buat. Sebelumnya kreator di TikTok hanya bisa mendapatkan penghasilan dengan memonetisasi livestream yang mereka siarkan atau bekerja dengan brand lain, tapi program baru ini akan membayar mereka langsung setelah membuat video.

Lewat TikTok Creator Fund, kreator kami akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang mencerminkan waktu, perhatian dan dedikasi yang mereka berikan untuk terhubung secara kreatif dengan audiens yang terinspirasi oleh ide-ide mereka,” kata General Manager TikTok Vanessa Papas dalam blog yang dirilis.

Baca juga: TikTok dan WHO Lawan Hoax Virus Corona Melalui Video Singkat

Pendaftaran TikTok Creator Fund akan dibuka

Kabar terbaru menyebutkan bahwa TikTok Creator Fund akan membuka pendaftaran untuk para content creator yang berbasis di Amerika Serikat pada bulan Agustus 2020.

Nantinya, program ini akan diperluas secara global, namun TikTok tidak mengatakan secara jelas kapan ekspansi TikTok Creator Fund akan dilakukan.

close

TikTok Siapkan Uang Rp 2,9 Triliun untuk “Gaji” Para Content Creator