TikTok dan WHO Lawan Hoax Virus Corona Melalui Video Singkat

access_time 2 tahun yang lalu

Jumat 28 Februari 2020 lalu, World Health Organization (WHO) meluncurkan akun TikTok untuk melawan informasi tidak benar mengenai virus Corona. Pada video pertamanya, Benedetta Allegranzi, spesialis penyakit menular serta ketua pencegahan dan infeksi dari WHO menjelaskan cara-cara menangkal dan melindungi diri dari virus Corona.

TikTok dibanjiri meme tentang virus Corona baru selama beberapa pekan terakhir, dengan beberapa pengguna berpura-pura terinfeksi. Dalam satu kasus, seorang remaja membuat video yang menunjukkan bahwa teman mereka adalah orang Kanada pertama yang dikonfirmasi telah terinfeksi virus Corona.

Berdasarkan laporan dari The Verge, oleh sebab itu lah WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menghabiskan beberapa pekan terakhir melawan informasi yang salah mengenai virus korona pada platform seperti Facebook, Twitter, Tencent dan TikTok.

Kami bergabung dengan TikTok untuk memberikan informasi dan anjuran kesehatan yang bisa dipertanggungjawabkan,” jelas WHO di deskripsi video pertamanya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah:

  1. Rutin mencuci tangan dengan produk pembersih tangan berbasis alkohol, atau dengan sabun dan air
  2. Menutup mulut ketika batuk atau bersin dengan siku atau tissue yang segera dibuang ke tempat sampah tertutup
  3. Hindari kontak langsung dengan orang lain yang menderita demam dan batuk
  4. Segera cari penanganan medis jika menderita demam, batuk atau gangguan pernapasan

 

@whoWe are joining @tiktok to provide you with reliable and timely public health advice! Our first post: How to protect yourself from ##coronavirus ?♬ original sound – who

WHO juga menjelaskan tata cara penggunaan masker, juga menjelaskan bahwa publik tidak perlu menggunakan masker jika tidak mengidap gejala deman, batuk dan gangguan pernapasan.

@whoWhen & how should masks be worn in order to protect against the new ##coronavirus ?♬ original sound – who

Baca juga: Pakai Masker Tidak Menjamin Lo ‘Bebas’ Dari Virus Corona

Source: TikTok

close

TikTok dan WHO Lawan Hoax Virus Corona Melalui Video Singkat

Search
close