Pakai Masker Tidak Menjamin Lo ‘Bebas’ Dari Virus Corona

access_time 2 tahun yang lalu

Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo baru saja mengumumkan dua warga negara Indonesia positif virus corona. Tentunya sebagian besar warga Indonesia khawatir soal penyebaran virus yang berawal dari Wuhan, bahkan ada sebagian orang yang sudah ‘menyetok’ masker dalam jumlah banyak.

Baca di sini : Presiden Jokowi Umumkan Virus Corona Sudah ‘Mendarat’ di Indonesia

Pertanyaannya apakah benar lo harus menggunakan masker untuk terhindar dari virus corona alias COVID-19 ini? 

Penyebaran virus corona sudah hampir menjalar ke seluruh bagian dunia, Indonesia saat ini juga merupaka salah satu negara yang memiliki kasus tersebut. Di Amerika Serikat sudah ada 2 kasus, yaitu di California, Oregon dan Seattle yang sudah memakan korban jiwa.

Sudah pasti hal ini membuat banya orang ‘khawatir‘ dan tentunya tidak ingin ‘tetular‘, dan salah satu caranya adalah membeli ‘masker’ dan menyetoknya, tapi masker saat ini sudah ada di ‘harga’ reseller yang cukup tinggi atau bahkan sudah habis.

Sebuah artikel di Forbes.com , sebenarnya lo tidak perlu membeli masker dengan harga mahal, apalagi sampai me’nyetok’. Meskipun ada kasus di sebelah rumah lo, jawabannya tetaplah tidak perlu. Lo sama sekali tidak perlu menggunakan masker jenis apapun!

‘Masker N95, masker respirator, ataupun apapun untuk melindungi diri dari virus corona. Bukan hanya lo tidak perlu membeli, lo juga tidak perlu menggunakannya sama sekali’- begitu tutur Eli Perencevich, MD, yang merupakan pakar pencegahan infeksi dan profesor of mendicine and epidemology di University of Iowa’s College of Medicine.

Dirinya juga menambahkan ‘Hampir sebagian besar orang yang sehat tidak memerlukan masker, dan seharusnya tidak menggunakannya. Tidak ada bukti nyata bahwa penggunaan masker pada orang ‘sehat’ akan memberikan perlindungan ekstra, jika masker dipakai dengan tidak benar yang terjadi adalah malah meningkatkan resiko infeksi karena akan lebih sering menyetuh wajah‘.

Gunakan Masker Hanya di Saat Lo ‘Sakit’

Virus corona bisa menular dari satu orang ke lainnya bukan lewat udara, melainkan ‘droplet’. Hal tersebut membuktikan bahwa lo gak bisa begitu saja tertular akibat udara yang lo hirup, dan penggunaan masker surgical akan memastikan lo aman. Masker tersebut di desain untuk menghindari si pemakai dari ‘droplets‘.

‘Waktu yang tepat untuk menggunakan masker adalah ketika lo sedang sakit dan terpaksa harus keluar dari rumah.’ – begitu kata Dr. Perencevich, dia juga menambahkan ‘Kalau lo sedang flu atau merasa sudah terjangkit ‘corona’, itu juga waktu yang benar untuk lo menggunakan masker agar tidak menularkan orang lain. Di rumah pun, jika lo merasa sakit, pakailah masker untuk melindungi keluarga lo.’

That’s the answer from the ‘expert’. Buat lo yang masih ingin membaca lebih lanjut mengenai ‘penggunaan masker’, bisa langsung klik di sini.

Gua sendiri sih tidak menggunakan masker sama sekali, karena kondisi gua saat ini sedang tidak sakit. Saran dari gua, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan pastikan lo mengkonsumsi makana yang sehat dan bervitamin, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi suplemen seperti vitamin c, multivitamin dan madu untuk menjaga sistem imunne tetap ‘kuat’.

Stay safe guys!

source : forbes.com

close

Pakai Masker Tidak Menjamin Lo ‘Bebas’ Dari Virus Corona

Search
close