Tambang Bitcoin Digerebek Polisi, Mereka Kira Itu Pabrik Terlarang

Tambang Bitcoin Digerebek Polisi, Mereka Kira Itu Pabrik Narkoba
access_time 2 minggu yang lalu

Tambang Bitcoin digerebek polisi Inggris. Mereka mengeria bangunan tersebut merupakan ladang ganja atau narkotika, tapi ternyata itu adalah tambang Bitcoin ilegal.

Tambang yang berlokasi di pinggiran kota Birmingham, Inggris disebut kepolisian West Midlands menambang secara ilegal. Pasalnya mereka mencuri listrik senilai ribuan Poundsterling dari sumber listrik utama.

Tambang Bitcoin digerebek karena timbulkan ‘panas’ yang berlebihan

Pihak kepolisian melalukan penggerebekan setelah mendapat informasi bahwa tempat itu digunakan untuk menanam ganja. Bahkan disebutkan kalau unit di area Sandwell itu kerap dikunjungi banyak orang dan dari luar terlihat banyak kabel dan lubang ventilasi.

Drone polisi juga mendeteksi panas yang sangat kuat dari dalam bangunan. Cirir-ciri yang ditemukan mengarah pada kesamaan pada ladang ganja. Namun saat digeledah, polisi justru tidak menemukan tanaman ganja, melainkan ratusan komputer.

Tambang Bitcoin Digerebek Polisi, Mereka Kira Itu Pabrik Narkoba
Foto: dok. West Midlands Police

Ini diluar perkiraan kami. Pabrik itu memiliki semua ciri-ciri tempat budidaya ganja dan saya percaya ini hanya tambang kripto kedua yang pernah kami temui di West Midlands,” tutur Police Sergeant Sandwell, Jennifer Griffin dalam keterangan resmi seperti dilansir CNBC, Minggu (29 Mei).

Penambangan ilegal berbahaya lingkungan

Meski tidak menahan siapa-siapa, polisi berhasil mengamankan ratusan komputer di lokasi. Griffins menyebut bahwa penambangan Bitcoin sebenarnya tidak dilarang, namun gedung tersebut melakukan tindakan ilegal dengan mencuri listrik.

Terkait penemuan ini, pihak kepolisian juga mengaku senang karena penutupan tambang itu setidaknya dapat mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

Seperti diketahui, pemabangan Bitcoin atau mata uang kripto membutuhkan listrik dalam jumlah masif untuk mentenagai komputer khusus yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan rumit. Bahkan studi terbaru menyebut konsumsi listri penambangan Bitcoin setara dengan konsumsi listrik negara Swedia dan belanda.

Mau untung tapi nyuri listrik, ngeselin juga!

close

Tambang Bitcoin Digerebek Polisi, Mereka Kira Itu Pabrik Terlarang

Search
close