Taksi Terbang Pertama Indonesia Diuji Coba

access_time 2 tahun yang lalu

Bye-bye macet

Pengen ngerasain naik mobil terbang a la film “Back To The Future?” Kalo iya, siap-siap mimpi lo jadi kenyataan. Sabtu 7 Maret 2020, lalu, drone berpenumpang yang diklaim pertama di Indonesia diuji coba untuk kali pertama di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Image result for delorean flying giphy

Frogs Indonesia, perusahaan start-up asal Bangunharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang menggagas drone berpenumpang ini. Dengan mengusung nama Frogs 282, nantinya alat transportasi ini bakal digunakan sebagai taksi terbang.

Namanya itu Frogs 282, yang berarti dua penumpang dengan delapan mesin, dan merupakan generasi kedua,” kata Asro Nasiri, cofounder Frogs Indonesia.

Solusi macet?

Asro menjelaskan, Frogs 282 digadang-gadang bisa menyelesaikan dua masalah sekaligus; kemacetan dan polusi udara.

Frogs 282 Drone Taxi Pertama di Indonesia Uji Terbang di Lanud Gading, Playen, Gunungkidul Sabtu (7/3/2020)

Untuk konstruksinya, drone buatan Frogs dibuat dengan serat karbon kuat yang dikenal dengan margin of safety yang tinggi, dengan daya angkut hingga 200 kilogram.

Selain itu, protipe Frogs juga menghadirkan fitur keamanan, seperti mekanisme failsafe yang memungkinkan motor drone untuk saling mengambil alih jika salah satu gagal di udara.

Transportasi masa depan

Frogs Indonesia bukan satu-satunya penggagas taksi terbang. Saat ini, perusahaan-perusahaan besar seperti Toyota, Uber, Hyundai, Airbus bahkan Boeing juga tengah mengembangkan proyek taksi udara.

Salah satu alasan utama proyek ini kian diminati adalah tingginya kebutuhan transportasi yang cepat dan bebas macet di kawasan perkotaan. Taksi udara diperkirakan dapat melesat dengan kecepatan 180 mil per jam di ketinggian 300 meter hingga 600 meter. NASA bahkan menyebutkan bahwa taksi udara bisa mencapai ketinggian hingga lebih dari 1.500 meter.

Beberapa waktu lalu, Grab juga sempet mengumumkan kerja sama dengan startup transportasi Jerman bernama Volocopter. Moda transportasi ini pun tengah menjalankan studi kelayakan dan akan dikenalkan ke publik Singapura sebagai taksi terbang.

Anyway, berhubung hari ini hari musik nasional, dengerin nih 7 lagu terbaru Indonesia yang bikin baper!

Souce: KOMPAS

close

Taksi Terbang Pertama Indonesia Diuji Coba

Search
close