SpongeBob diumumkan Sebagai Karakter LGBTQ, Berikut Karakter Kartun LGBTQ Lainnya

SpongeBob diumumkan Sebagai Karakter LGBTQ, Berikut Karakter Kartun LGBTQ Lainnya
access_time 1 tahun yang lalu

SpongeBob bukan karakter kartun pertama yang menjadi bagian dari komunitas LGBTQ

Dalam perayaan Pride Month, Nickelodeon mengumumkan beberapa karakter dari kartunnya sebagai bagian dari komunitas LGBTQ.

Setidaknya ada tiga karakter Nickelodeon yang diumumkan sebagai bagian dari komunitas tersebut: Schwoz Schwartz dari serial Henry Danger and Korra dari serial Avatar: The Legend of Korra dan SpongeBob, dari SpongeBob Squarepants.

Pengumuman ini memicu berbagai reaksi di jagat maya. Meski ada yang memberi respon positif, tak sedikit juga yang menunjukkan kecaman.

Meski begitu, SpongeBob dkk tentu bukan karakter kartun/tayangan anak pertama yang menjadi bagian dari komunitas LGBTQ. Berikut beberapa lainnya.


Bert dan Ernie dari Sesame Street

Bert and Ernie, as well as Elmo, center, are among a donation of additional Jim Henson objects to the Smithsonian's National Museum of American History in Washington on Sept. 24, 2013.

Source: Jacquelyn Martin / AP file

Mark Saltzman, mantan penulis Sesame Street, menjelaskan bahwa duo karakter serial Sesame Street, Bert dan Ernie sebagai pasangan.

Aku selalu merasa bahwa, tanpa agenda tertentu, ketika menuliskan Bert dan Ernie, mereka adalah (karakter gay),” tutur Saltzman dalam sebuah interview. Meski begitu, hal tersebut sempat ditepus Sesame Workshop yang memproduksi Sesame Street.

Bert dan Ernie adalah sahabat baik. Mereka diciptakan untuk mendidik anak TK supaya mereka bisa memahami bahwa semua orang bisa berteman dengan orang yang sepenuhnya berbeda dengan mereka,” tutur Sesame Workshop.

Shocked Sesame Street GIF - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Meski keduanya adalah karakter pria dan menunjukan karakteristik yang sama dengan manusia, mereka adalah boneka, dan tidak memiliki orientasi seksual.”


Velma dari Scooby-Doo

Velma Dinkley | Scoobypedia | Fandom

Source: Scoobypedia

Pengumuman Velma sebagai bagian dari komunitas LGBTQ diungkapkan oleh James Gunn, sutradara yang berperan sebagai penulis naskah dari film live-action Scooby-Doo yang dirilis pada tahun 2002.

Gunn menjelaskan bahwa, pada naskah versi asli, Velma adalah seorang karakter gay.


Harley Quinn

Harley Quinn is listed (or ranked) 2 on the list Cartoon Characters You Never Realized Are Probably Gay

Source: DC Comics

Pada versi komik, kekasih Joker tersebut ternyata diperkenalkan sebagai sosok biseksual.

Bukan cuma dengan sang Joker, Harley Quinn juga sempat memiliki hubungan putus nyambung dengan karakter Poison Ivy.

DC's Greatest Ships: Harley Quinn & Poison Ivy Are Fabulously In Love

Source: CBR

close

SpongeBob diumumkan Sebagai Karakter LGBTQ, Berikut Karakter Kartun LGBTQ Lainnya

Search
close