close

Snapchat Tumpas Misinformasi Virus Corona dengan Permainan

By Kevin Andreas
access_time 6 bulan yang lalu Comments

Know your Covid-19 facts!

Di tengah pandemi Corona yang masih terjadi di seluruh dunia, menjaga kesehatan jadi nggak kalah penting dengan mencegah penyebaran misinformasi di dunia maya.

Karena itu, Snapchat pun turun tangan untuk menekan penyebaran misinformasi. Layanan mobile messaging ini merilis “Covid-19 Myth Busting” pada Kamis (26/3/20), sebuah permainan berbentuk kuis berdasarkan informasi yang telah dirilis oleh WHO.

Ketika mulai main, sebuah pertanyaan tentang virus Corona (misalnya, “Can coronavirus stay on your skin?”) akan muncul di bagian bawah layar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lo akan diberi pilihan “true” atau “false,” setelah itu filter akan berubah, tergantung jawaban lo bener atau nggak.

Kami menyadari bahwa anak-anak muda bisa belajar banyak dari permainan,” tutur Kelly Mendoza, senior director of education programs di Common Sense Media.

“Banyak remaja bermain di ponsel mereka, jadi permainan ini jadi cara yang baik untuk menyajikan konten sembari merangkul generasi muda ke isu ini,” ungkap Mendoza, dilansir dari Mashable.

Image result for selfie giphy

Aku rasa ini adalah hal yang baik karena melibatkan komponen sosial,” kata Mendoza.

Bukan cuma lewat game

Sebagai tambahan, Snapchat juga menyiapkan kanal khusus untuk informasi seputar virus Corona yang dinamai “Coronavirus: Slow the Spread.”

Kanal tersebut dibuat untuk menunjukan bagaimana para Snapchatters menghadapi self quarantine dan physical distancing secara positif.

Untuk memastikan para penggunanya dapetin semua informasi terkait virus Corona, Snapchat pun bekerja sama langsung dengan WHO.

close

Snapchat Tumpas Misinformasi Virus Corona dengan Permainan