Siapa Sih Eric Cantona? Legenda Manchester United yang Baru Masuk Hall of Fame Liga Inggris!

Siapa Sih Eric Cantona? Legenda Manchester United yang Baru Masuk Hall of Fame Liga Inggris!
access_time 1 bulan yang lalu

Siapa sih Eric Cantona?

Siapa sih Eric Cantona? Sebagian besar akan mengenal sosok pria asal Prancis ini lewat aksi kontroversialnya saat masih membela The Red Devils. Bahkan atas perbuatannya, ia mendapatkan julukan The KungFu Cantona.

Meski demikan pria yang berulang tahun hari ini (24 Mei) ternyata menyimpan beberapa cerita menarik selain kontroversi tersebut. Mulai dari sederet piala sampai dengan penghargaan.

Bahkan pemain bernomor punggung 7 belum lama ini berhasil menembus jajaran Hall of Fame English Premiere League. So without furhter ado mari kenalan lebih dekat dengan King Cantona!


Lahir di Marseille, rumahnya merupakan sebuah gua

Bernama lengkap Eric Daniel Piere Cantona, pria ini lahir 24 Mei 1966 di Marseile. Menariknya kediaman keluarga Cantona saat itu diduga merupaka bekas tempat para tentara Jerman berjaga-jaga saat perang Dunia ke 2.

Ayahnya merupakan seorang perawat dan pelukis. Sementara sang ibu adalah seorang pembuat pakaian


Bermain film usai pensiun dari sepakbola

Berbeda dengan kebanyakan mantan pemain sepak bola yang melanjutkan karir dalam industri yang sama, Cantona justru banting setir ke bidang lain.

Siapa Sih Eric Cantona? Legenda Manchester United yang Baru Masuk Hall of Fame Liga Inggris!
via Manchester Evening News

Setelah pensiun memembela Setan Merah, ia memulai karirnya sebagai pemain film lewat “Elizabeth” pada tahun 1988 bersama dengan Cate Blanchet. Selang beberapa tahun setelahnya, ia juga menjadi pemain utama dan co-producer dari film Looking for Eric pada tahun 2009 silam.


Nyaris menjadi pemain Liverpool, kalau saja

Menariknya, meski dikenal sebagai salah satu ‘cult hero’ klub yang bermarkas di Old Trafford, King Cantona nyaris menjadi pemain klub rival, Liverpool.

via Make a Gif

Sungguh sebuah kekacauan yang tidak terbayangkan. Untungya saran Michel Platini untuk merekrut Cantona bagi “The Reds” ditolak mentah-mentah oleh Graeme Souness yang kala itu menjadi pelatih Liverpool.


Tendangan Kungfu bukan kali pertama ia terlibat kekerasan

Meski aksinya menendang penoton dengan jurus KungFu Kick menjadi salah satu yang dikenang, ternyata itu bukanlah kali pertama ia terlibat kekerasan.

via Gyfcat

Sebelumnya, saat dirinya membela Auxerre pada tahun 1987, Cantona bahkan sempat memukul Bruno Martini, teman satu klubnya.


Sempat menjadi pemain sepakbola pantai

Selain berakir di lapangan hijau, sosok Cantona juga pernah menjadi pemain sepakbola pantai. Tidak hanya itu, dia juga sempat melatih timnas sepakbola pantai Prancis dan memenangkan Fifa Beach World Cup di Rio de Janeiro pada 2005 silam.


Masuk “Hall of Fame” Liga Inggris bersama Roy Keane

via PremiereLeague

Terlepas dari aksi brutal yang membuatnya dilarang bermain selama 9 bulan, Eric Cantona adalah seorang pemain luar biasa. Dalam penghargaan hall of fame yang belum lama diumumkan, dia berhasil masuk ke dalam list itu bersama dengan Roy Keane yang juga membela Manchester United.

Aku sangat bahagia dan bangga. Di saat bersamaan, aku tidak terkejut.” tuturnya.

Siapa di sini yang nge-fans sama king Eric?

close

Siapa Sih Eric Cantona? Legenda Manchester United yang Baru Masuk Hall of Fame Liga Inggris!

Search
close