Siapa Sih Chloe Zhao, Sutradara Terbaik Oscar Perempuan Asia Pertama?

Siapa Sih Chloe Zhao?
access_time 3 bulan yang lalu

Chloe Zhao, sutradara dari Nomadland berhasil mencetak sejarah sebagai pemenang Sutradara Terbaik di ajang penghargaan Academy Awards ke-93 alias Oscar 2021. Pasalnya, ia adalah perempuan asal Asia pertama yang berhasil membawa pulang piala tersebut.

Bahkan sepanjang sejarah Oscar, cuma ada lima perempuan yang pernah masuk kategori Sutradara Terbaik. Makanya, tahun ini Oscar jadi heboh karena kehadiran Zhao, terlebih karena dia berasal dari Asia.

Siapa sih Chloe Zhao? Begini awal kehidupannya

Chloe Zhao
via Filmmaker Magazine

Chloe Zhao, atau yang juga bernama Zhao Ting lahir pada tanggal 31 Maret 1982. Ia lahir dan besar di Beijing, China bersama ayah dan ibu tirinya, aktris asal Tiongkok Song DanDan.

Mengutip IMDb, Chloe selama masa remajanya di Tiongkok, ia punya sifat rebel yang juga terpengaruh dari pop culture barat. Hal ini membuatnya ingin pergi bersekolah di luar negeri. Lalu, ia bersekolah di London sebelum akhirnya ia belajar Ilmu Politik di Massachusetts’ Mount Holyoke College.

Setelah menjalani studi selama empat tahun, calon sutradara ini sadar kalau ia tidak begitu suka bidangnya tersebut. Kemudian ia banting setir dan menjalani pekerjaan sebagai party promoter, di real estate, bahkan jadi bartender!

Film menggabungkan seluruh minat, di sinilah kariernya dimulai

Frances McDormand, Chloe Zhao Discuss 'Nomadland'
‘Nomadland’ Behind the Scene (via Searchlight Pictures)

Selama pekerjaannya yang terbilang ‘aneh’ itu, ia akhirnya menemukan kalau ia sebenarnya menyukai ‘bertemu orang dan mempelajari sejarahnya.” dan ia percaya, bahwa film menggabungkan minatnya itu.

Setelah itu tanpa kenal orang-orang dari industri tersebut, Chloe Zhao mendaftarkan diri ke Film Program di New York University Tisch School of the Arts. Kemudian, dari situ lah awal Karier Chloe dalam dunia film bermula.

Di sini, ia mulai mengembangkan gaya sinematinya yang menggabungkan antara fiksi dan dokumenter. Hingga akhirnya, perempuan kelahitan Tiongkok itu sukses membabat empat nominasi sekaligus di Oscar dalam satu tahun, bahkan memenangkan salah satunya.

Highlight karya-karya feature films Chloe

Chloe Feature Films

Pada tahun 2015 silam, ia berhasil menyutradarai feauture film perdananya, yaitu ‘Songs My Brothers Taught Me‘.  “Ada pesan dan identitas Amerika dalam film ini.” kata sutradara itu kepada NPR. “Pertemuan antara yang baru dan yang lama, melihat anak Lakota naik kuda di pom bensin, dan memakai kaos Tupac, sangatlah spesial. Beginilah aku mulai.” Kemudian film ini tayang premiere di Sundance Film Festival.

Film feature keduanya, adalah ‘The Rider‘ yang tayang perdana di Cannes Film Festival pada tahun 2017. Film ini bercerita tentang penunggang rodeo muda yang menderita trauma cedera otak.

Kemudian pada 2018, karyanya ‘Nomadland‘ yang merupakan feature film ketiga Chloe Zhao berhasil rampung proses produksi selama lebih dari empat bulan. Diambil dengan menyusuri barat Amerika dengan RV bersama pekerja Nomadik. Film ini tayang perdana di Venice Film Festival dan memenangkan banyak penghargaan. Bahkan, film ini lah yang membawa Chloe pada kemenangannya di Oscar 2021.

Baca juga:

close

Siapa Sih Chloe Zhao, Sutradara Terbaik Oscar Perempuan Asia Pertama?

Search
close