👗7 Fakta Seragam Sekolah di Berbagai Negara

seragam sekolah
access_time 1 bulan yang lalu

Memakai seragam sekolah di saat belajar mengajar adalah hal yang telah menjadi tradisi sejak dulu. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di beberapa negara besar lainnya. Nah, kini artikel akan membahas tentang fakta terkait seragam di sejumlah negara yang mungkin belum banyak orang tahu. Berikut adalah fakta-fakta menariknya. 

  • Seragam sekolah Indonesia 

seragam sekolah
Via: Indozone

Dimulai dari Indonesia dulu yang punya seragam sekolah unik. Di mana pada setiap jenjang mempunyai warna yang bervariasi. Ternyata, ada artian di balik warna itu semua. Seperti misalnya merah pada jenjang sekolah dasar yang mempunyai arti energi dan semangat tinggi serta melambangkan keceriaan anak-anak. 

Untuk seragam SMP, warna biru mencerminkan rasa percaya diri dan juga mandiri. Sedangkan abu-abu untuk anak SMA melambangkan kedewasaan dan ketenangan. Di mana pada masa SMA, para pelajar mulai menginjak usia dewasa serta mencari jati diri. 

  • Seragam sekolah Jepang 

seragam sekolah
Via: jadiBerita

Selanjutnya ada seragam yang dipakai oleh para pelajar Jepang. Di balik seragamnya yang keren terdapat beberapa fakta menarik. Salah satunya adalah seragam mengacu pada model baju angkatan laut Eropa di zaman Meiji. Maka dari itu, warnanya pun cenderung lebih gelap, yaitu hitam dan biru tua. 

Kemudian, penggunaan seragam di Jepang ini juga memiliki sejumlah tujuan. Antara lain adalah menghapus kesenjangan sosial, sebagai identitas sekolah, melatih disiplin serta kerapian, dan menjadi tanda pengenal di kehidupan sosial. 

  • Seragam sekolah Inggris 

seragam sekolah
Via: Alibaba

Inggris juga mempunyai seragam yang khas untuk anak sekolah. Para murid biasanya menggunakan kemeja putih, dasi, dan blazer untuk atasan. Sedangkan bawahannya menggunakan rok lipit untuk perempuan dan celana panjang bagi laki-laki. Pada awalnya, Inggris hanya membuat seragam untuk anak-anak yang kurang mampu. Namun saat ini, pemakaian seragam semakin meluas, baik di sekolah negeri maupun swasta. Sekarang, setiap sekolah membuat seragam dengan model yang sama, tapi perbedaannya adalah hanya pada warna dan lambangnya. 

  • Australia 

seragam sekolah
Via: Ruangguru

Berbeda halnya dengan Australia yang punya seragam sekolah unik. Beberapa sekolah menyediakan sebuah topi bernama Akubra. Topi ini tidak hanya sebagai aksesoris, tapi bisa melindungi kepala dari panas dan hujan lantaran bahannya tahan di segala cuaca. 

Untuk pakaiannya sendiri, terdiri dari rok, celana kulot atau bisa juga baju terusan dengan kemeja atau polo shirt. Di samping itu, anak kelas 11 dan 12 ternyata mempunyai hak khusus untuk menggunakan sweater. 

  • Ghana 

seragam sekolah
Via: Dunia Tempo

Negara selanjutnya ada Ghana. Pada mulanya, negara satu ini tidak memberikan seragam bagi para murid karena kekurangan biaya. Namun, pada tahun 2010, pemerintah akhirnya membagikan seragam kepada yang bersekolah. Sekilas, seragamnya mirip dengan seragam pramuka di Indonesia. Dengan atasan coklat muda dan bawahan coklat gelap. Namun yang membedakan adalah beberapa sekolah untuk murid perempuan menggunakan pakaian terusan, tapi tetap dengan warna coklat. 

  • Malaysia 

seragam sekolah
Via: Kronis r

Malaysia yang begitu berdekatan dengan Indonesia juga mempunyai seragam khas. Ada tiga pilihan seragam untuk murid sekolah menengah. Di antaranya adalah terusan hijau tosca dan kemeja putih, rok hijau tosca dan blus putih, serta baju muslim dan rok panjang hijau tosca. Selain itu, di sejumlah sekolah juga memperbolehkan para siswanya menggunakan polo shirt untuk seragam atasan. 

Laos 

seragam sekolah
Via: Beautynesia

Berikutnya ada Laos yang punya seragam unik. Para murid mengenakan kemeja putih dengan bawahan berupa kain sinh. Kain sinh adalah kain khas dari Laos yang bahannya agak mirip dengan Songket di Indonesia. Untuk setiap jenjang, kain sinh yang dipakai berbeda-beda, sama seperti di Indonesia. Cara pakainya pun cukup unik, yaitu dililitkan seperti bawahan kebaya. 

Demikianlah beberapa fakta mengenai seragam sekolah di sejumlah negara. Cukup unik dan ternyata mempunyai makna masing-masing. Kalau kamu, suka seragam dari negara yang mana nih? 

close

👗7 Fakta Seragam Sekolah di Berbagai Negara

Search
close