September 2020 Dihiasi Pemandangan Langit, Fenomena Apa yang Akan Terjadi?

access_time 1 tahun yang lalu

Jangan sampai lewatkan fenomena langit di bulan September ini!

Memasuki bulan September 2020, kita akan disambut dengan pemandangan indah di langit yang datang bulan ini. Beberapa fenomena langit akan terjadi di bulan ini dan bisa lo saksikan dengan mata telanjang.

Beberapa peristiwa langit akan terjadi di September, seperti puncak hujan meteor sampai bulan purnama. Sebaiknya lo jangan sampai kelewatan karena fenomena langit ini jarang terjadi.

Fenomena langit apa saja yang akan terjadi di bulan September 2020 ini?

Hujan Meteor Aurigid

via Hipwee

Dikutip dari Observatorium Bosscha ITB, tanggal 1 September 2020 adalah hari yang tepat untuk melihat hujan meteor Aurigid. Hujan meteor ini sebenarnya berlangsung pada 28 Agustus 2020 kemarin sampai 5 September 2020 mendatang.

Tidak perlu peralatan khusus untuk melihatnya, cukup dengan mata telanjang hujan meteor ini sudah bisa lo lihat. Justru untuk melihat hujan meteor ini tidak disarankan menggunakan teleskop karena akan membuat jarak pandang terlalu kecil.

Bulan Purnama

via Jakarta Insight

Mungkin jika melihat bulan purnama sudah jadi hal biasa. Namun kali ini adalah fase bulan yang terlihat 100 persen dari Bumi, jadi lo bisa melihat lingkaran utuh dari bulan.

Biasanya kita melihat bentuk bulan tidak sempurna karena bulan mengelilingi Bumi empat minggu sekali (29,5 hari). Jadi bagian bulan yang bersinar tampak berubah-ubah setiap malamnya.

Bulan purnama ini bisa lo saksikan tanggal 2 September 2020 mulai pukul 18.09 WIB sampai 00.31 WIB pada puncaknya. Jangan lewatkan ya, karena kali ini Bulan terlihat lebih besar dari biasanya.

Puncak Hujan Meteor Epsilon-Perseid

via Kafe Astronomi

Selain hujan meteor Aurigid, bulan September ini juga akan dihiasi oleh hujan meteor Epsilon-Perseid. Akan berlangsung pada 9 September 2020 mendatang, hujan meteor ini berasal dari debu komet Swift-Tuttle yang merupakan sisa partikel dari komet saat mengorbit matahari.

Bisa dilihat dengan mata telanjang, hujan meteor Epsilon-Perseid bisa diamati pada pukul 04.00 WIB.

Ekuinoks September

via infoastronomy

Kali ini bukan pemandangan di langit, melainkan fenomena langit yang membuat siang dan malam sama durasinya. Fenomena Ekuinoks sendiri terjadi dua kali, di bulan Maret dan September.

Ekuinoks September ini akan terjadi pada 14 September 2020. Coba deh perhatikan apakah durasi siang dan malam sama lamanya.

_

Nah, jangan sampai kelewatan ya fenomena langit yang akan hadir di bulan September 2020 ini.

Gimana pendapat lo?

close

September 2020 Dihiasi Pemandangan Langit, Fenomena Apa yang Akan Terjadi?

Search
close