Bulan Purnama “Cold Moon” Akan Dapat Terlihat dari Indonesia, Catat Tanggalnya!

Bulan Purnama "Cold Moon" Akan Dapat Terlihat dari Indonesia, Catat Tanggalnya!
access_time 2 bulan yang lalu

Indonesia akan bisa menyaksikan purnama tersebut pada 30 Desember 2020

Bulan purnama “cold moon” dikabarkan akan bisa dilihat di Indonesia pada 30 Desember mendatang. Seperti dilansir Tirto.id, Edukasi Sains Antariksa LAPAN menyebut bahwa puncak cold moon akan terjadi pada pukul 10.28.12 WIB.

Bagi wilayah Indonesia Timur dan Tengah, puncak purnama akan beriringan dengan tengah hari.

Kenapa disebut bulan purnama “Cold Moon” ?

Secara tradisional, bulan purnama yang jatuh di Desember dinamakan bulan Dingin Penuh (Full Cold Moon) dan Bulan Malam Panjang Penuh (Full Long Night’s Moon). Pasalnya karena pada saat itu, belahan Bumi bagian Utara suhunya menjadi sangat dingin dan durasi malam menjadi sangat panjang.

Selain itu, bulan purnama yang nampak kali ini juga dinamakan Bulan Elk Penuh (Full Oak Moon) karena di bulan ini, sebagaian pohon elk masih tumbuh di musim dingin belahan Bumi utara meski tertutup salju.

via TimeandDate.com

Seperti dilansir Space.com, Bulan akan mengalami fase penuh atau menunjukan wajahnya ke Bumi sekitar sebulan sekali. Pada sebagian besar waktu, bulan purnama tidak sepenuhnya purnama.

Manusia di Bumi selalu melihat sisi bulan yang sama, tetapi sebagiannya ada dalam bayangan. Hanya ketika bulan, Bumi dan matahari sejajar sempurna bulan 100% purnama dan penyelarasan itu menghasilkan gerhana bulan.

Begini cara melihatnya

Untuk melihat fenomena tersebut ternyata tidak sulit. Setiap orang tinggal mencari tempat dengan pemandangan langit yang cerah dan sesedikit mungkin cahaya buatan atau polusi.

Pasalnya bulan akan terbit sebelum matahari terbenam dan bahkan sebenarnya sudah bisa terlihat di cakrawala sebelum senja.

Bulan purnama cold moon ini juga merupakan peristiwa yang menguntungkan bagi para pengamat. Mengingat sepanjang Desember sudah terjadi beberapa hal istimewa mulai dari hujan meteor terbaik tahun ini, gerhana matahari total dan “Konjungsi Besar” yang sangat dekat antara Jupiter dan Saturnus.

Nah dicatet deh tuh tanggalnya! Siapa tahun habis liat purnama keberuntungan di tahun 2021 menjadi semakin baik?

close

Bulan Purnama “Cold Moon” Akan Dapat Terlihat dari Indonesia, Catat Tanggalnya!

Search
close