Sejumlah Daerah Hari Ini Serentak Gelar Program Vaksinasi Covid-19

access_time 8 bulan yang lalu

Hari ini (14/1), sejumlah daerah di Indonesia hari ini serentak melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Vaksin kali ini pun akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu sebagai pihak garda terdepan.

Hal ini juga telah diinfokan sebelumnya oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk meminta pemerintah daerah (pemda) menyiapkan kelompok prioritas untuk divaksin. Seperti apa pelaksanaannya?

Sejumlah Daerah di Indonesia Serentak Gelar Vaksin Covid-19

Sejumlah daerah vaksin covid
via iNews

Dalam pelaksanaannya, program vaksinasi kepada kelompok prioritas ini rencananya akan digelar selama dua hari sampai 15 Januari 2021 besok.

Bapak/Ibu Gubernur, kepala daerah, tolong persiapan, pilih orangnya, karena tanggal 14-15 Januari kita akan mulai lakukan vaksinasi di daerah, terutama provinsi,” kata Budi dikutip dari CNN Indonesia.

Pelaksanaan vaksinasi serentak ini pun akan dibagi ke dalam dua tahap untuk antisipasi efek samping setelahnya. Maka dari itu setiap kepala daerah juga diimbau memastikan fasilitas kesehatan terdaftar dalam P-care BPJS supaya bisa melaksanakan program vaksin.

Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegal sedikit, demam sedikit, jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada 4 perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua, kita antisipasi betul efek itu, maka vaksin dulu untuk 2 orang,” lanjutnya.

dr Tirta Divaksin di Sleman

sejumlah daerah vaksin covid
via Instagram / @dr.tirta

Kemudian nama dr Tirta pun juga masuk dalam daftar penerima vaksin perdana di Istana Kepresidenan. Namun, kemarin dirinya tidak terlihat mengikuti vaksin bersama Presiden Joko Widodo.

Rupanya ia mengikuti program vaksin di tanggal 14 Januari 2021 di daerah Sleman, Yogyakarta. Menurutnya, masih banyak yang lebih pantas menerima vaksin di Istana selain dirinya, maka dari itu ia mengikuti program vaksin di Sleman.

Saya 14 Januari 2021. Nggak mau di Istana. Masih banyak yang lebih pantas di sana. Saya memilih vaksin di daerah Sleman. Karena saya relawan lapangan,” kata dr Tirta dikutip dariĀ Detik Health.

Source: CNN Indonesia, Detik.com

_

Selamat mengikuti vaksin hari ini untuk tenaga kesehatan!

close

Sejumlah Daerah Hari Ini Serentak Gelar Program Vaksinasi Covid-19

Search
close