close

Sejarah Singkat Dibalik “Supreme” Tahun 1994 Hingga Sekarang

By Andreas Lee
access_time 10 bulan yang lalu Comments

Menandai peringatan ulang tahun ke 25 dari “Supreme“, James Jebbia menceritakan masa pembukaan toko pertamanya. April 1994 merupakan bulan pertama James Jebbia menyewakan etalase kecil di Lafayette Street di New York City.

Sebelumnya, Supreme memang dikenal dengan kulturnya yang kuat akan skateboarding yang digandrungi sejak tahun 90-an. James Jebbia juga memanfaatkan momen tersebut untuk menjadi penyedia produk-produk untuk para skater dan akhirnya lahirlah Supreme. James Jebbia mengatakan untuk membuka toko Supreme membutuhkan uang sebanyak 12 ribu USD dan harga sewa sekitar 2 ribu USD. Meskipun membutuhkan modal yang besar pada awal pembukaan, nyatanya Supreme sekarang bernilai sekitar 1 milliar USD.

Pada tahun 2017, GQ Magazine mengatakan bahwa Supreme sekarang bernilai sebesar 1 miliar USD atau seharga 14 triliun rupiah. Hal ini disebabkan karena kolaborasinya dengan LV yang sangat hype mengeluarkan Hoodie dengan harga resell sebesar 250 ribu USD.

Produk Supreme juga sudah dipakai oleh artis papan nama seperti Kanye West, Justin Bieber, A$AP Rocky, Cara Delevingne, dan Kim Kardashian. 

Sekarang Supreme telah membuka toko tambahan di Los Angeles, London, Paris, Jepang, Brooklyn dan juga dikabarkan akan membuka toko di San Francisco dan kota-kota Eropa seperti Berlin dan Milan. Meskipun telah memiliki toko yang banyak diberbagai negara, Supreme selalu dipenuhi oleh antrean oleh anak-anak muda. Hal ini disebabkan oleh koleksi terbatas dari Supreme yang membuat reseller dan pecinta Supreme ingin mendapatkan produk tersebut.

Pada Instagram-nya, Supremenewyork memposting semua merek, teman, keluarga dan afiliasi termasuk OG Stüssy Paul Mittleman dan fotografer Atiba Jefferson yang mendukungnya pada masa pembukaan toko Supreme.

Dalam rangka memperingati perayaan ulang tahun ke 25, Happy 25th Anniversary Supreme! All the best for you guys in the future ?

close

Sejarah Singkat Dibalik “Supreme” Tahun 1994 Hingga Sekarang